Kemampuan guru agama islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui ekstrakurikuler keagamaan di SMAN 1 Mentaya hilir Selatan Kabuten Kotawaringin Timur

Mahfuz, Mahfuz (2020) Kemampuan guru agama islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui ekstrakurikuler keagamaan di SMAN 1 Mentaya hilir Selatan Kabuten Kotawaringin Timur. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Mahfuz - 1311112429.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Pendidikan Agama di sekolah adalah untuk membentuk manusia bertaqwa, yaitu manusia yang patuh pada Tuhannya dalam menjalankan ibadah serta menekankan pada pembinaan kepribadian. Banyak yang beranggapan ektrakurikuler keagamaan masih dianggap hanya menggangu prestasi belajar siswa. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui ekstrakurikuler keagamaan. Adapun permasalahan yang diangkat adalah: (1) Apa saja bentuk ekstrakurikuler keagamaan yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SMAN 1 Mentaya Hilir Selatan?; (2) Bagaimana kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui ekstrakurikuler keagamaan di SMAN 1 Mentaya Hilir Selatan?.

Penilitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru pembina ekstakurikuler pendidikan agama Islam di SMAN 1 Mentaya Hilir Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, penariakn kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Ektrakurikuler keagamaan yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam bidang akademik dan non akademik adalah ektrakurikuler SBQ (Seni Baca Al-Quran) dan BTQ Baca Tulis Al-Qur’an); (2) Kemampuan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui ekstrakurikuler keagamaan di SMAN 1 Mentaya Hilir Selatan dikatakan mampu, yang mana guru tidak hanya memberikan materi yang berhubungan dengan ekstrakurikuler yang dilaksanankan, tetapi juga menghubungankan materi ekstrakurikuler dengan materi pembelajaran yang ada disekolah. Guru juga menerapkan keterampilan dasar mengajar, meyelenggarakan pembelajaran metode dan media pembelajaran yang bermacam-macam yang sesuai dengan pembelajaran yang ada dalam kegiatan ekstrakurikuler, serta mengelola keadaan kelas dan keadaan siswa dengan baik. Prestasi belajar siswa yang mengikuti ekstrakurikuler keagamaan yaitu SBQ dan BTQ di SMAN 1 Mentaya Hilir Selatan mengalami peningkatan seiring berjalannya waktu yang digunakan unutk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keagamaan.

Abstract

The purpose of religious education in schools is to form pious people, that is, people who are obedient to their Lord in carrying out worship and emphasize personality development. Many people believe that religious extracurricular activities are still considered to only interfere with student achievement. Therefore, this study aims to describe the ability of Islamic Religious Education teachers in improving student learning achievement through religious extracurriculars. The issues raised are: (1)What are the forms of religious extracurricular activities that can improve student achievement in SMAN 1 Mentaya Hilir Selatan ?; (2)What is the ability of Islamic Religious Education teachers in improving student learning achievement through religious extracurricular activities at SMAN 1 Mentaya Hilir Selatan?

This research uses a qualitative method with a descriptive qualitative approach. As for whoThe subjects in this study were 2 teachers of Islamic religious education extracurricular at SMAN 1 Mentaya Hilir Selatan. Data collection techniques used are observation, interviews and documentation. The data validation technique in this study uses triangulation techniques. Data analysis through data reduction, data presentation, conclusions withdrawal and verification.

The results of this study indicate that: (1) Religious extracurricular activities that can improve student achievement in academic and non-academic fields are extracurricular SBQ (Al-Quran Reading Art) and BTQ Read Write Al-Qur'an);(2) The ability of teachers to improve student achievement through religious extracurricular activities at SMAN 1 Mentaya Hilir Selatan is said to be capable, in which the teacher not only provides material related to extracurricular activities, but also links extracurricular materials with learning material at school. The teacher also applies basic teaching skills, organizes a variety of learning methods and learning media that are compatible with existing learning in extracurricular activities, as well as managing the classroom and student situation well. Student achievement in joining religious extracurricular activities, namely SBQ and BTQ at SMAN 1 Mentaya Hilir Selatan, has increased with the time taken to participate in religious extracurricular activities.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Kemampuan Guru; Prestasi Belajar;Ekstrkurikuler Keagamaan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 18 Jun 2021 07:37
Last Modified: 18 Jun 2021 07:37
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3091

Actions (login required)

View Item View Item