Hasanah, Nur (2020) Pendidikan Karakter Siswa SMP Islam Nurul Ihsan Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Nur Hasanah- 1301111781.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pelaksanaan Pendidikan karakter dalam membentuk akhlak pergaulan siswa adalah pendidikan untuk membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti, yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang, yaitu tingkah laku yang baik, jujur bertanggung jawab, menghormati hak orang lain, kerja keras, dan sebagainya.
Rumusan masalah penelitian ini adalah 1.Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter dalam membentuk akhlak pergaulan siswa di SMP Islam Nurul Ihsan Palangka Raya ? 2. Nilai- nilai pendidikan karakter apa saja yang diterapkan dalam pembentuan akhlak pergaulan siswa di SMP Islam Nurul Ihsan Palangka Raya ? 3. Apa saja faktor penunjang dan penghambat pendidikan karakter dalam membentuk akhlak pergaulan siswa di SMP Islam Nurul Ihsan Palangka Raya ?
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskrifsikan pelaksanaan pendidikan karakter di SMP Islam Nurul Ihsan Palangka Raya. Nilai-nilai pendidikan karakter yang diterapkan dan Faktor penunjang serta penghambat pendidikan karakter di SMP Islam Nurul Ihsan Palangka Raya.
Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru PAI di SMP Islam Nurul Ihsan Palangka Raya dan Objek dalam penelitian ini adalalah proses pelaksanaan pendidikan karakter . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data dengan teknik trianggulasi. Teknik analisis data adalah data reduction, data display, dan conclusion.
Hasil penelitian : 1) Pelaksanaan pendidikan karakter yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan guru lain sebagai informen ialah siswa diwajibkan membaca surah pendek setiap harinya dan pada hari tertentu mempunyai kegiatan rutin seperti habsy, pramuka dan kerja bakti. (2) Nilai-nilai pendidikan karakter yang diterapkan disekolah yang diterapkan cinta Tuhan, kedesiplinan, tanggung jawab, hormat dan satun serta kreatif. (3) Faktor penunang dan penghambat pendidikan karakter dalam membentuk akhlak pergaulan siswa di SMP Islam Nurul Ihsan Palangka Raya sebagai faktor penunjangnya ialah lingkungan yang mendukung, sarana dan prasarana yang memadai, dan punya cctv disetiap ruangan kelas dan sebagai faktor penghambatnya datang dari lingkungan luar seperti broken home dan lingkungan yang berbaur dengan pasar.
Abstract
The implementation of character education in shaping the role of students is an education to shape one's personality through ethical education, The results are evident in a person's real action, good manners, honest responsibility, respect for the rights of others, hard work, and so on.
The formulation of the problem of this research is 1. How is the implementation of character education in shaping the role of students in SMP Islam Nurul Ihsan Palangka Raya? 2. What are the values that are applied in the formation of the morality of student associations in islamic junior high school Nurul Ihsan Palangka Raya ? 3. What are the supporting factors and the character education inhibitory in shaping the Students ' Association in SMP Islam Nurul Ihsan Palangka Raya?
What are the supporting factors and the character education inhibitory in shaping the Students ' Association in SMP Islam Nurul Ihsan Palangka Raya? The values of character education applied and supporting factors as well as a barrier to the character education in SMP Islam Nurul Ihsan Palangka Raya.
The subject in this study was a PAI teacher in the Islamic Junior high School, Nurul Ihsan Palangka Raya and the object in this research is the process of implementing character education. The data collection techniques used are, observations, interviews and documentation. Data validity with trianggulation techniques. Data analysis techniques are data reduction, display data, and conclusion.
Results of the study: 1) the implementation of character education conducted by teachers of Islamic religious education and other teachers as informen is that students are required to read a short surah every day and on a certain day have routine activities Like Habsy, Scout and devoted work. (2) The educational values of the character applied in the school are applied in the love of God, the undisputed, responsibility, respect, and Satun as well as the creative. (3) The prosecution factor and the character education barrier in shaping the Students ' Association in SMP Islam Nurul Ihsan Palangka Raya as the supporting factor is a supportive environment, adequate facilities and infrastructures, and have CCTV in every room Classes and as a factor of the avoidance come from the outside environment such as broken home and the environment that mingle with the market.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter;Siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 10 Jun 2021 07:49 |
Last Modified: | 14 Jun 2021 07:56 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3052 |
Actions (login required)
View Item |