Pengembangan penuntun praktikum ipa berbasis scientific approach materi fotosintesis SMP kelas VIII

Rusdiana, Afifa (2020) Pengembangan penuntun praktikum ipa berbasis scientific approach materi fotosintesis SMP kelas VIII. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Afifa Rusdiana- 1501140414.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran hanya menggunakan buku ringkasan dan tidak adanya penuntun praktikum IPA sebagai pendamping melakukan kegiatan praktikum pada materi fotosintesis. Hal ini berdampak pada nilai psikomotor peserta didik rendah dan kurang mengajarkan peserta didik dalam menemukan pengetahuannya sendiri melalui kerja ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan penuntun praktikum IPA berbasis scientific approach, dan untuk mengetahui hasil belajar psikomotor peserta didik setelah menggunakan penuntun praktikum IPA berbasis scientific approach materi fotosintesis SMP kelas VIII.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Uji produk melalui uji skala kecil dan skala besar, menggunakan instrumen berupa angket validitas ahli, angket respon peserta didik, angket keterterapan, lembar observasi psikomotor. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan mengumpulkan data kualitatif validasi, hasil kepraktisan dan hasil belajar psikomotor peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validasi ahli materi memperoleh rata-rata 83%, validasi ahli desain memperoleh 93% dan validasi keterbacaan memperoleh 93% dengan kriteria valid yang dapat digunakan tahap selanjutnya. Nilai kepraktisan memperoleh rata-rata 3,65 dengan kriteria baik dan keterlaksanaannya memperoleh 92,83% dengan kriteria berhasil. Dan hasil penilaian lembar observasi psikomotor diperoleh 95% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian maka produk berupa penuntun praktikum IPA berbasis scientific approach materi fotosintesis SMP kelas VIII layak digunakan sebagai penunjang pembelajaran.

Abstract

The problem in this study was tat learning uses only a summary book and te absence of a science practical guide as a compnion to do practical activities on photosynthetis material. This ad an impact on student’s psychomotor scores and teaches students less in finding their own knowledge trough scientific work. This study aimed at determining te validity and practicality of science-based practical guidance guides on scientific approach, and to deterine the psychomotor learning outcomes of students after using science-based practical guides on scientific approach to photosynthetis material for eight grade junior school.

This type of research was Researh and evelopment (R&D) with the ADDIE development model. product testing through small-scale and large scale test, using instruments in the form of expert validity questionaires, student questionnaire responses, applicability questionnaies, psycomotor observation seets. Furthemore, the data were analyzed by collecting qualitative validation data, practicality results and students psycomotor learning outcomes.

The results showed that the validation value of material experts obtained an avarege of 83%, validation of design experts gained 93% and legybility validation gained 93% with valid criteria that can be used later stages. The practicality value obtained an varage of 3,65 with good criteria and the succes gained 92.83%withsucces criteria. and the psyhcomotor observation sheet assessment results obtained 95% eith qa very good category. based on the result of research, the product in tve form of a science practical guide based on scientific approach to photosyntesis material for eigh grade junior school was fit to be used as a support for learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Scientific Approach; Fotosintesis;Penuntun Praktikum
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 10 Jun 2021 07:05
Last Modified: 10 Jun 2021 07:48
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3049

Actions (login required)

View Item View Item