Problematika mahasiswa dalam melaksanakan praktik mengajar 1 di Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya

Mawaddah, Ummu (2020) Problematika mahasiswa dalam melaksanakan praktik mengajar 1 di Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Ummu Mawaddah- 1621112131.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangkaraya mempunyai tugas menyelenggarakan Pendidikan akademik dan profesional. Pendidikan profesional diantaranya untuk membentuk calon pendidik yang terampil di bidang keguruan. Maka, pada semester VI diprogramkan bidang studi kependidikan secara teoritis. Untuk menguji ketepatan teori-teori itu dan memberikan pengalaman mendalam, maka diselenggarakan praktek mengajar 1. Pada pelaksanaannya, masih terdapat beberapa permasalahan yang cukup menghambat lancarnya kegiatan Praktek Mengajar 1.

Penelitian ini mengkaji permasalahan : 1) Apa saja problematika mahasiswa dalam perencanaan Praktik Mengajar 1 ? 2) Apa saja problematika mahasiswa dalam pelaksanaan Praktik Mengajar 1 Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah perencanaan dan pelaksanaan Praktek Mengajar 1 di prodi PAI angkatan 2016 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PAI 2016 yang memprogramkan praktek mengajar 1 yaitu 14. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi orang menggunakan teknik snowball. Pengabsahan data menggunakan trianggulasi, analisis data yang digunakan yaitu data collection, data display, data reduction, conclusion drawing.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Problematika mahasiswa dalam perencanaan Praktik Mengajar 1 adalah a) Mahasiswa kesulitan untuk mencocokkan jadwal konsutasi, b) Kurangnya bimbingan sebagian dosen pembimbing kepada mahasiswa dalam pembuatan RPP. c) mahasiswa perlu beradaptasi setiap rolling pembimbing karena perbedaan format. d) sebagian mahasiswa melakukan plagiat dalam pembuatan RPP. e) sebagian mahasiswa kurang disiplin dalam konsultasi pembuatan RPP. f) mahasiswa masih banyak yang belum bisa membuat RPP sesuai kurikulum. 2) problematika mahasiswa dalam pelaksanaan Praktik Mengajar 1 adalah a) sebagian mahasiswa tidak ditekankan keterampilan dasar mengajar melainkan penguasaan materi. b) durasi waktu tampil tidak konsisten. c)sebagian pembimbing masih kurang dalam memantau mahasiswa yang ujian Praktek Mengajar 1. d) sebagian pembimbing tidak hadir dalam pertemuan Praktek Mengajar 1, e) mahasiswa kurang percaya diri saat tampil.

Abstract

FTIK at IAIN Palangka Raya has the duty to implement academic education and professional. Professional education is to build the prospective educators which skilled at the teacher field. Therefore, at the sixth semester programmed to education study theoretically. To test the accuracy of those theories and give the experience deeply, so implement the Teaching Practice 1 in the class. On the implementation, there are still many problem that prevent the fluent the Teaching Practice 1 activity.

The problem in this research are : 1) What are the students’ problem in planning the Teaching Practice 1 ? 2) What are the students’ problem in implementing Teaching Practice 1 ?

This research used qualitative method. The data collection technique used interview and documentation. The object in this research were the plan and implementation Teaching Practice 1 at Islamic Education study program 2016 generation FTIK. The subject of this research was the Islamic Education students 2016 generation which programmed Teaching Practice 1 was 14. The data collection technique used interview and documentation and used snowball technique. The data validity used triangulation, the data analysis used data collection, data display, data reduction and conclusion drawing.

The result of this research showed that : 1) The students’ problem in planned the Teaching Practice 1 were a) The students difficult to matched the consultation schedule, b) lack of the guidance to the students in made lesson plan. c) The students needed adaptation each rolling advisor because the different format, d) The students did the plagiarism in made the lesson plan. e) The students still lack of discipline in consultation made lesson plan. f) There were some students still not able to made lesson plan according to curriculum. 2) The students’ problem in implemented the Teaching Practice 1 were : a) the students not emphasized to basic skill in teaching beside the material mastery. b) The duration of show time was not consistent, c) The advisor still lack of supervised the students when examination Teaching Practice. d) The advisor not present in meeting at Teaching Practice 1. e) The students lack of confidence when performed.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Praktek Mengajar 1; Problematika; Mahasiswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 31 May 2021 06:47
Last Modified: 31 May 2021 06:47
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2997

Actions (login required)

View Item View Item