Perilaku konsumen terhadap pembelian produk fashion pada mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya dan mahasiswa Universitas Palangka Raya (UPR) dalam perspektif ekonomi islam

Sa'diah, Maulida (2020) Perilaku konsumen terhadap pembelian produk fashion pada mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya dan mahasiswa Universitas Palangka Raya (UPR) dalam perspektif ekonomi islam. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Maulida Sa'diah - 1604120476.pdf

Download (1MB)

Abstract

Islam merupakan agama yang sempurna, Islam mengatur semua perbuatan manusia mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi, begitu juga Islam mempunyai batasan dalam kegiatan konsumsi. Perilaku konsumen yang sesuai dengan ketentuan Al-Qur’an dan As-Sunnah tentu akan membawa pada kebaikan, keberkahan dan maslahah. Kebutuhan setiap manusia tidak hanya sekedar makan dan minum, akan tetapi juga dalam segi penampilan. Maka berdasarkan hal tersebut untuk mengetahui lebih jauh tentang bagaimana perilaku konsumen terhadap pembelian produk fashion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) Perilaku konsumsi terhadap pembelian produk fashion pada mahasiswa IAIN Palangka Raya (2) Perilaku konsumsi terhadap pembelian produk fashion pada mahasiswa UPR (3) Perilaku konsumsi terhadap pembelian produk fashion pada mahasiswa IAIN Palangka Raya dan mahasiswa UPR dalam perspektif ekonomi Islam.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan metode penelitian kualitatif, ada 20 subjek dalam penelitian ini yang terdiri dari 10 mahasiswa IAIN Palangka Raya dan 10 mahasiswa UPR. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan datanya menggunakan trianggulasi sumber dan teori. kemudian dianalisis melalui tahapan collection, reduction, display, dan conclusion drawing.

Hasil penelitian perilaku konsumen terhadap pembelian produk fashion pada mahasiswa IAIN Palangka Raya dan UPR dalam perspektif Ekonomi Islam didapatkan bahwa dari mahasiswa IAIN Palangka Raya dan UPR terdapat 5 orang yang bersikap boros dikarenakan selalu mengikuti hawa nafsu dan mencari kesenangan semata sedangkan 15 lainnya bersikap hemat dikarenakan mereka mengetahui batasan-batasan dalam berkonsumsi dan juga memang sudah dibiasakan dari kecil untuk tidak boros dalam menggunakan harta. Dari kedua perbedaan tersebut dipengaruhi oleh faktor kepribadian dan juga faktor sosial. Sedangkan kebiasaan mahasiswa melakukan pembelian produk fashion beragam tempat, seperti di toko - toko, di pasar, di online shop dan ada juga yang memang sudah berlangganan seperti di Raysurf. Dalam Islam perilaku konsumsi memiliki tujuan utama yaitu untuk mencari maslahah untuk mencapai kesuksesan dan kesejahteraan hidup di dunia dan akhirat.

ABSTRACT

Islam is a perfect religion, Islam regulates all human actions from waking up to going to sleep again, including set the limits in term of consumplion activities. Consumer behavior in accordance with the provisions of the Qur'an and Sunnah will certainly lead to goodness, blessing and maslahah. The needs of every human being are not just eating and drinking, but also in appearance. Therefore of examine how consumers behave towards purchasing fashion products, this study was conducted at aiming to determine and analyze (1) the consumption behaviour towards the purchase of fashion products of IAIN Palangka Raya (2) the consumption behaviour towards the purchase of fashion products of UPR (3) consumption behaviour towards the purchase of fashion products of IAIN Palangka Raya and UPR students according to Islamic economics perspective.

This research is a field research using qualitative research methods, there are 20 subjects in this study consisting of 10 students from Palangkaraya IAIN and 10 UPR students. The data collection techniques were observation, interview and documentation. Thr triangulation source and theory were also used as the data validation. All the data was analyzed through collection, reduction, display and conclusion drawing.

The results of consumer behavior research on the purchase of fashion products on students of IAIN Palangka Raya and UPR in the perspective of Islamic Economics found that from students of IAIN Palangka Raya and UPR there were 5 people who were extravagant because they always followed their passions and sought pleasure only while 15 others were frugal because they know the limitations in consumption and also has been accustomed from childhood to not wasteful in using wealth. Of the two differences are influenced by personality factors and social factors. While the habits of students to buy fashion products in various places, such as in shops, in markets, in online shops and some are already subscribed to like in Raysurf. In Islam, consumption behavior has the main goal, which is to look for maslahah to achieve success and prosperity in the world and the hereafter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 31 May 2021 01:43
Last Modified: 31 May 2021 01:43
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2989

Actions (login required)

View Item View Item