Upaya guru dalam menanamkan disiplin anak di paud Terpadu Aisyiyah Bustanul Athfal Ii Palangka Raya

Anggraini, Eva (2020) Upaya guru dalam menanamkan disiplin anak di paud Terpadu Aisyiyah Bustanul Athfal Ii Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Eva Anggraini - 1601180020.pdf

Download (907kB)

Abstract

Upaya Guru, usaha yang dilakukan guru sebagai pendidik profesional dalam mendidik, membimbing, mengarahkan, serta mengevaluasi peserta didik dengan mengembangkan segala potensi yang ada pada diri peserta didik, baik dari segi kognitif (kecerdasan), afektif (sikap),dan psikomotorik (keterampilan) mulai pada jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru PAUD Terpadu Aisyiyah Bustanul Athafal II Palangka Raya mendidik siswanya dengan kedisiplinan, sehingga peneliti berkeinginan melihat upaya yang dilakukan guru dalam menanamkan disiplin anak.

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan kedisiplinan anak di PAUD Terpadu Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya. (2) Mendeskripsikan upaya guru dalam menanamkan disiplin anak di PAUD Terpadu Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya. (3) Mengetahui faktor yang mempengaruhi upaya guru dalam menanamkan disiplin anak di PAUD Terpadu Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskrptif yang dilakukan di Kelompok A PAUD Terpadu Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kedisiplinan anak di PAUD Terpadu Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya ketika berbaris sebelum masuk kelas, membiasakan diri merapikan mainan setelah digunakan, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, sudah diterapkan pendidik dengan menggunakan metode pembiasaan. (2) upaya guru dalam menanamkan disiplin anak di PAUD Terpadu Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya, yaitu sudah sesuai dengan metode pendekatan yang digunakan, yang meliputi metode keteladanan, metode pembiasaan, metode bercerita, metode karyawisata. (3) faktor yang mempengaruhi upaya guru dalam menanamkan disiplin anak di PAUD Terpadu Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya adalah faktor internal meliputi: keadaan fisik anak, keadaan psikis, faktor eksternal meliputi : keadaan keluarga, dan lingkungan.

ABSTRACT

Teacher efforts were efforts made by teachers as professional educators in educating, guiding, directing, and evaluating students by developing all the potential that students have, both in terms of cognitive (intelligence), affective (attitude), and psychomotor (skills) starting at the levels of early childhood education, basic education, and secondary education. PAUD Terpadu teacher’s Aisyiyah Bustanul Athafal II Palangka Raya educated their students with discipline, so researchers want to see the efforts made by teachers in instilling child discipline.

This study aims to: (1) describe the discipline of children in PAUD Terpadu Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya. (2) Describe the teacher's efforts in instilling child discipline in PAUD terpadu Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya. (3) Knowing the factors that influence the teacher's efforts to instill child discipline in PAUD terpadu Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya.

This study used a qualitative method conducted in Group A PAUD Terpadu Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya. The data collection techniques used in this study were interviews and documentation.

The results showed that (1) the discipline of children in PAUD Terpadu Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya when lining up before entering class, getting used to tidying up toys after use, washing hands before and after eating, had been applied by educators using the habituation method. (2) the teacher's efforts to instill child discipline in the Integrated PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya, which is in accordance with the approach method used, which includes exemplary methods, habituation methods, storytelling methods, field trip methods. (3) factors that influence the teacher's efforts to instill child discipline in the Integrated PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya are internal factors including: the child's physical condition, psychological state, external factors including: family conditions, and the environment.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru; Disiplin;
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 25 May 2021 04:24
Last Modified: 25 May 2021 04:25
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2963

Actions (login required)

View Item View Item