Strategi pemasaran warung makan serba 5000 jalan sam ratulangi kota Palangka Raya

Zailani, Muhammad Azan (2020) Strategi pemasaran warung makan serba 5000 jalan sam ratulangi kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi M. Azan Zailani - 1402120297.pdf

Download (1MB)

Abstract

Warung Makan merupakan sebuah usaha yang bergerak dibidang kuliner (makanan). Salah satunya Warung Makan Serba 5000 yang menyediakan makanan dengan harga yang murah hanya lima ribu rupiah per porsinya. Selain itu, untuk menentukan kelangsungan berusaha bagi setiap pemilik warung makan baik dari segi keuntungan maupun cara bersaing dengan warung makan yang lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa yang melatarbelakangi penetapan harga lima ribu rupiah pada Warung Makan Serba 5000 Jalan Sam Ratulangi kota Palangka Raya? (2) Bagaimana strategi pemasaran Warung Makan Serba 5000 Jalan Sam Ratulangi kota Palangka Raya?

Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah pemilik, dan konsumen dari warung makan. yang dalam pemilihan respondennya menggunakan teknik purposive sampling. Objek dari penelitian ini ialah Warung Makan Serba 5000 Jalan Sam Ratulangi kota Palangka Raya. Serta dalam teknik analisis data menggunakan tahapan collection, reduction, display, dan conclusion drawing.

Berdasarkan hasil Penelitian menyatakan bahwa yang melatarbelakangi penetapan harga lima ribu rupiah karena ingin membantu para pelanggan untuk mengurangi biaya hidup mereka, dan bersedekah kepada para pelanggan khususnya mahasiswa dan pelajar. Metode yang digunakan oleh pemilik warung makan yaitu dengan mark-up pricing method dengan menaikan harga pada saat pandemi covid 19. Strategi pemasaran Warung Makan Serba 5000 lebih menekankan dari segi yaitu: (1) Price (harga), dengan menawarkan harga yang murah lima ribu rupiah bagi semua konsumen. (2) Promotion (promosi), dengan perorangan dari mulut kemulut. (3) Place (tempat), dengan tempat yang strategis, dekat dengan perkuliahan dan kos-kosan.

ABSTRACT

Food stall is a business which engages culinary field (food). One of those are the all-5000 food stalls that provide food at low price which is only five thousand Rupiahs per portion. In addition, to determine business continuity for each food-stall owner, they are both in terms of profit and how to compete with other food stalls. The research problems in this study were: (1) What is the principle for enacting the price of five thousand rupiahs at all-5000 food stalls Sam Ratulangi Street, Palangka Raya Town? (2) How is the marketing strategy of the all-5000 food stalls Sam Ratulangi Street, Palangka Raya Town?

This study was a field study that applied a descriptive qualitative approach. The data collection methods used interview, observation, and documentation. The subjects were both owners and consumers of the food-stalls, in which to select respondents used purposive sampling technique. The object of this study was all-5000 food stalls Sam Ratulangi Street, Palangka Raya Town. Also, the data analysis techniques used the stages of collection, reduction, display, and conclusion drawing.

Based on the results of this study, it was found that the principle for enacting the price of five thousand rupiahs was that they wanted to help customers to reduce their living costs, and give alms to customers, especially students. The method used by the food-stall owners was by mark-up pricing method, which was raising the price in the moment of Covid-19 pandemic. Marketing strategy of the all-5000 food stalls emphasized in terms of: (1) Price, by offering low price which was five thousand rupiahs for all consumers. (2) Promotion, by mouth-to-mouth (3) Place, with a strategic place, close to schools and boarding houses.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 25 May 2021 03:51
Last Modified: 25 May 2021 03:51
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2961

Actions (login required)

View Item View Item