Manajemen program tahfidz al-qur'an Madrasah Aliyah (MA) Pondok pesantren Hidayatul Insan Fii Ta'limiddin Palangka Raya

Ibrahim, Ani Irma (2020) Manajemen program tahfidz al-qur'an Madrasah Aliyah (MA) Pondok pesantren Hidayatul Insan Fii Ta'limiddin Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Ani Irma Ibrahim - 17013188 File 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ani Irma Ibrahim - 17013188 File 2.pdf

Download (1MB)

Abstract

Program tahfidz al-Qur’an, Madrasah Aliyah (MA) Pondok Pesantren Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin Palangka Raya merupakan suatu program khusus untuk mendidik dan melatih siswa dalam menghafal al-Qur’an, program tersebut dilakukan dengan tujuan agar siswa tidak hanya menguasi ilmu pengetahuan yang sifat nya umum saja tapi juga mampu menghafal al-Qur’an. Di kota palangka Raya program tersebut hanya ada di Madrasah Aliyah (MA) Ponpes HI, hal inilah yang menjadi keunikan tersendiri dan ciri khas dari MA pondok pasantren tersebut, kareana programnya yang berbeda dengan MA lainya.

Berangkat dari latar belakang tersebut, maka peneliti membuat rumuskan maslah yaitu, (1) Bagaimana Perencanaan program tahfidz al-Qur;an, di Madrasah Aliyah (MA) Ponpes HI Palangka Raya (2) Bagaimana pelaksanaan program tahfidz al-Qur’an di Madrasah Aliyah (MA) Ponpes HI Palangka Raya (3) Bagaimana evaluasi program tahfidz al-Qur;an di Madrasah Aliyah (MA) Ponpes HI Palangka Raya.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik Observasi, Wawancara , dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah manajemen program tahfidz al-Qur’an Madrasah Aliyah (MA) Ponpes HI Palangka Raya. Subjek penelitian adalah kepala Madrasah Aliyah (MA) Ponpes HI Palangka Raya.

Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan: (1) Perencanana program tahfidz al-Qur’an dilakukan dengan langkah-langkah perencanaan yang rasional meliputi: waktu perencannaan, personel yang terlibat dalam perencanaan, kurikulum/materi, dan fasilitas (2) Pelaksanaan program tahfidz dilaksanakan dengan tahapan-tahapan yaitu: Tahapan pendahulun, tahapan inti, dan tahapan penilaian tindak lanjut (3) Evaluasi program tahfidz al-Qur’an dilakukan dengan dua tahapan yaitu: Evaluasi formatif dan evaluasi sumatif, yang meliputi: Evaluasi harian, evaluasi bulanan dan evaluasi semester.

Abstract

The al-Qur'an tahfidz program, Madrasah Aliyah (MA) Hidayatul Insan Islamic Boarding School Fii Ta'limiddin Palangka Raya is a special program to educate and train students in memorizing the Koran, the program is carried out with the aim that students do not only master general knowledge but also able to memorize the Koran. In the city of Palangka Raya, the program is only available at Madrasah Aliyah (MA) Ponpes HI, this is what is unique and distinctive of the MA Pondok Pasantren, because the program is different from other MA.

Departing from this background, the researchers formulated the problems, namely, (1) How to plan the tahfidz al-Qur’an program at Madrasah Aliyah (MA) Ponpes HI Palangka Raya (2) How to implement the tahfidz al-Qur'an program at Madrasah Aliyah (MA) Ponpes HI Palangka Raya (3) How to evaluate the al-Qur'an tahfidz program at Madrasah Aliyah (MA) Ponpes HI Palangka Raya.

The method used in this research is descriptive qualitative. The data collection techniques in this study used observation, interview, and documentation techniques. The object of this research is the management of the tahfidz al-Qur'an Madrasah Aliyah (MA) Islamic Boarding School in Palangka Raya. The research subject was the head of Madrasah Aliyah (MA) Ponpes HI Palangka Raya
Based on the data obtained, it can be concluded: (1) The planning of the tahfidz al-Qur'an program is carried out with rational planning steps including: planning time, personnel involved in planning, curriculum / materials, and facilities (2) Implementation of the tahfidz program is carried out with the stages, namely: the preliminary stage, the core stage, and the follow-up assessment stage (3) the evaluation of the tahfidz al-Qur'an program is carried out in two stages, namely: formative evaluation and summative evaluation, which includes: daily evaluation, monthly evaluation and evaluation semester.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Program;Tahfidz Al-Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 19 May 2021 07:22
Last Modified: 02 Dec 2021 02:48
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2942

Actions (login required)

View Item View Item