Manajemen peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan di MIN 1 Kapuas

Herawati, Tuti (2020) Manajemen peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan di MIN 1 Kapuas. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Tuti Herawati - 19013263.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kondisi yang ada pada MIN 1 Kapuas , dimana MIN 1 Kapuas merupakan satu-satunya sekolah di Kapuas yang memiliki dua unit sekolah dengan jumlah siswa lebih dari 1000 siswa dengan hanya satu kepala manajemen, di samping itu MIN 1 Kapuas kuga mampu bersaing dengan sekolah lain dan menunjukan prestasi yang mengagumkan sehingga menarik untuk dilakukan penelitian bagaiman manajemen peningkatan mutu Pendidikan yang ada di MIN 1 Kapuas sehingga mampu bersaing dengan hanya dipimpin oleh satu kepala madrasah. Dengan demikian maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian yang dilaksanakan dalam peningkatan mututenga pendidik dan tenaga kependidikant di MIN 1 Kapuas .

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis kualitatif deskriptif. Tempat penelitian MIN 1 Kapuas , dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan guru. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian teknik analisis data dilakukan dengan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data sedangkan teknik pengabsahan data dilakukan dengan derajat kepercayaan (credibility), ketergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability).

Hasil penelitian adalah: 1) Perencanaan peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan di MIN 1 Kapuas berorientasi untuk meningkatkan pencapaian standar pendidik dan tenaga kependidikan secara maksimal, dengan program peningkatan kualifikasi pendidikan guru kejenjang S-2 dan kejenjang S-1 untuk tenaga kependidkan. Peningkatan kapasitas guru, melalui program sertivikasi, kegiatan IHT, Pengembangan SPMI (Sistem Penjamin Mutu Internal), IHT Pengembangan RPP Keterampilan, Pembuatan Video belajar dan Belajar bersama, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Pengembangan Penilaian berbasis TIK, Bimtek Pembelajaran dan penilaian soal HOTS, Supervisi, Pendalaman IT, dan Pembinaan Personal Pendidik/ Kependidikan. Sedangkan untuk tenaga kependidikan peningkatan kapasitas dilakukan dengan program Bimtek EMIS, praktek asesmen bimtek simpatika, bimtek keuangan, Pendalaman IT, dan Pembinaan Personal Pendidik/ Kependidikan. Dari hasil perencanaan peningkatan mutu pendidik dan pendidikan tiga tahun terakhir semua guru telah memenuhi standar kualifikasi dan kompetensi yang disarankan oleh pemerintah. 2) Pelaksanaan peningkatan mutu pendidik dan kependidikan diselengarakan oleh MIN 1 Kapuas dan kementerian agama kabupaten Kapuas yang disesuaikan dengan regulasi dan agenda sesuai perencanan yang telah disusun oleh MIN 1 Kapuas dan pihak kementerian agama Kabupaten Kapuas. 3) Pengendalian peningkatan mutu pendidik dan kependidikan dilakukan kepala MIN 1 Kapuas dengan menerapkan tiga tahapan yaitu, pemantauan, penilaian dan pelaporan kinerja pendidik dan kependidikan yang tertuang dalam Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) yang dilakukan setiap akhir tahun. Dari jumlah keseluruhan guru yang tersertifikasi menunjukan hasil yang baik.

Abstract

This research is motivated by the conditions that exist in MIN 1 Kapuas, where MIN 1 Kapuas is the only school in Kapuas that has two school units with more than 1000 students with only one head of management, in addition MIN 1 Kapuas is able to compete. with other schools and showing impressive achievements so it is interesting to conduct research on how to improve the management of the quality of education in MIN 1 Kapuas so that it can compete with only one head of madrasah. Thus, this study aims to determine how the planning, implementation and control carried out in improving the quality of education at MIN 1 Kapuas.

This research uses a qualitative approach, with a descriptive qualitative type. MIN 1 Kapuas research site, with the research subjects are the principal, the curriculum staff and teachers. While the data collection technique uses observation, interview and documentation techniques, then the data analysis technique is carried out in four stages, namely data collection, data reduction, data presentation, and data verification, while data validation techniques are carried out with a degree of trust credibility, dependability and confirmability.

The results of the research are: 1) Planning to improve the quality of educators and education personnel at MIN 1 Kapuas is oriented to increase the maximum achievement of teacher standards and education personnel, with programs to increase the qualification of master's education level teachers, increase teacher professionalism, through certification programs, IHT activities , Development of SPMI (Internal Quality Assurance System), IHT Skills RPP Development, Making Learning and Learning Videos together, Strengthening Character Education (PPK), Development of ICT-based Assessment, Teaching and Assessment of HOTS questions, Supervision, IT Deepening, Personal Coaching for Educators / Education, EMIS Bimtek and assessment practice. From the results of planning to improve the quality of educators and education personnel in the last three years, all teachers have met the qualification and competency standards recommended by the government. 2) The implementation of improving the quality of educators and education was carried out by MIN 1 Kapuas and the Ministry of Religion of Kapuas district which was adjusted to the regulations and agendas according to the plan that had been prepared by MIN 1 Kapuas and the Ministry of Religion of Kapuas Regency. 3) Control of improving the quality of teaching and education personnel is carried out by the head of MIN 1 Kapuas by implementing three stages, namely, monitoring, appraising and reporting the performance of teaching and education personnel as stated in the Employee Performance Target (SKP) which is carried out at the end of each year. The total number of certified teachers shows good results.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tenaga Kependidikan;Manajemen; Mutu; Pendidik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 11 May 2021 03:46
Last Modified: 05 Jan 2023 08:43
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2933

Actions (login required)

View Item View Item