Manajemen pembiayaan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Hidayatullah Kecamatan Kahayan Kuala Kabupaten Pulang Pisau

Purnamawati, Purnamawati (2019) Manajemen pembiayaan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Hidayatullah Kecamatan Kahayan Kuala Kabupaten Pulang Pisau. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
bagian awal tesis.pdf

Download (686kB)
[img] Text
isi Tesis Purnamawati - 17013177.pdf

Download (887kB)

Abstract

Pembiayaan merupakan salah satu komponen yang penting dalam memajukan sebuah lembaga pendidikan, maka perlu dikelola secara efektif dan efisien agar efektifitas dan kegiatan operasional madrasah serta fasilitas madrasah dapat dibiayai. Pada dasarnya pembiayaan pendidikan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah dan lembaga pendidikan saja, tapi juga menjadi tanggung jawab orang tua siswa dan masyarakat. Namun, sebagian besar lembaga pendidikan terutama lembaga pendidikan swasta hanya mengandalkan dana yang bersumber dari pemerintah.

Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mendeskripsikan Manajemen Pembiayaan Pendidikan di MTs Hidayatulaah Kecamatan Kahayan Kuala Kabupaten Pulang Pisau mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian/pengawasan pembiyaan pendidikan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek utama dalam penelitian ini adalah kepala madrasah dan bendahara, sebagai informan adalah ketua komite, ketua yayasan, Kasi Pendidikan Islam Kemenag Kabupataten Pulang Pisau, wakil kepala madrasah, kepala tata usaha, dan guru senior.

Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa 1) Perencanaan pembiayaan pendidikan di MTs Hidayatullah Kecamatan Kahayan Kuala Kabupaten Pulang Pisau dilakukan sebagai berikut : pertama melakukan inventarisasi rencana kegiatan yang akan dilaksanakan berdasarkan evaluasi kegiatan pada tahun sebelumnya, kedua melakukan inventarisasi sumber pembiayaan, ketiga menyusun rencana kegiatan anggaran sekolah (RKAS). 2) Pelaksanaan pembiayaan dilakukan dalam dua kegiatan yaitu pembelanjaan dan pembukuan keuangan sekolah. 3) Pengendalian dan pengawasan dilakukan oleh pihak intern yaitu kepala madrasah, komite madrasah dan yayasan, pihak ekstern adalah Kementerian Agama Kabupaten Pulang Pisau dan Irjen Kemenag RI. Pengawasan dilakukan dengan cara mengecek, memonitor, meneliti, mengawasi dan melaporkan penggunaan anggaran yang dialokasikan untuk membiayai program-program pendidikan agar anggaran yang dialokasikan tersebut digunakan sebagaimana mestinya, dan program-program pendidikan dapat dilaksanakan secara efektif dan dan efisien.

ABSTRACT

Financing is one of the important components in advancing an educational institution, so it needs to be managed effectively, and efficiently so that the effectiveness and operational activities of madrasah and its facilities can be financed. Basically, education funding is not only the responsibility of the government and educational institutions, but also the responsibility of parents of students and the society. However, most educational institutions are relied solely on funds sourced from the government.

The purpose of this research is to study and describe the Education Financing Management in MTs Hidayatullah, Kahayan Kuala District, Pulang Pisau Regency starting from the planning, implementating, and controlling/ supervising of education financing.

This study used qualitative descriptive research, data collection was done by observation, interviews and documentation. The main subjects in this study were the headmaster of the madrasah and the treasurer, as informants were the chair of the committee, the chair of the foundation, the Head of Islamic Education Division of the Ministry of Religion, Pulang Pisau Regency, the deputy of the madrasah, the head of administration, and senior teachers.

From the results of data analysis, it can be concluded as: 1) The planning of education funding in madrasah is carried out as follows; first, to carry out an inventory of planned activities based on the activities from the previous year; second, to conduct an inventory of funding sources; third, to set the school budget plan (RKAS). 2) The funding is carried out in two activities namely expenditure and bookkeeping of school finances. 3) The controlling/supervising is carried out by internal parties, namely the madrasah headmaster, madrasah committee, and foundation, the external party are the Ministry of Religion of Pulang Pisau Regency and the Inspector General of the Ministry of Religion of the Republic of Indonesia. Supervision is carried out by checking, monitoring, evaluating, and reporting on the use of the allocated budget to finance education programs so that the allocated budget is used properly, and education programs can be used effectively and efficiently.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: manajemen pembiayaan pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 16 Apr 2021 06:50
Last Modified: 16 Apr 2021 06:50
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2851

Actions (login required)

View Item View Item