Pengembangan media video dengan menggunakan sosiodrama pada materi riba

Amelia, Dany Atul (2020) Pengembangan media video dengan menggunakan sosiodrama pada materi riba. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Dany Atul Amelia- 1501111998.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah kejuruan khususnya lebih cenderung kepada penggunaan buku paket yang disediakan oleh sekolah, sedangkan jumlah tatap muka untuk pembelajaran PAI hanya 3 jam per minggu, untuk mengatasi hal ini diperlukan pengembangan media video dengan menggunakan metodeo sosiodrama yang kreatif dan inovatif agar menarik perhatian siswa. Keterbatasan media inilah yang menjadi acuan peneliti untuk mengembangkan pengembangan media berbentuk video.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana mengembangkan media video dengan menggunakan metode sosiodrama pada materi riba di SMKN 2 Mentaya Hulu kelas XI OTKP 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media video dengan menggunakan metode sosiodrama pada materi riba di SMKN 2 Mentaya Hulu kelas XI OTKP.

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk menghasilkan pengembangan media video dengan menggunakan metode sosiodrama pada materi riba di SMKN 2 Mentaya Hulu kelas XI OTKP 2) Untuk mengetahui kelayakan terhadap pengembangan media video dengan menggunakan metode sosiodrama pada materi riba di SMKN 2 Mentaya Hulu kelas XI OTKP.

Hasil penelitian ini adalah 1) Pengembangan Media video dengan menggunakan metode sosiodrama pada materi riba di SMKN 2 Mentaya Hulu telah dilakukan dengan baik sesuai dengan model pengembangan ADDIE yaitu: a) Annalisis meliputi analisis karakteristik siswa, analisis materi dan analisis kebutuhan b) Desain meliputi rancangan membuat naskah video, membuat gambaran video, storyboard, membuat RPP dan menyusun instrumen penelitian; c) Pengembangan meliputi menyelesaikan pembuatan video dan pengeditan video; d) Implementasi meliputi validasi ahli materi dan validasi ahli media; serta e) Evaluasi meliputi uji coba kelompok kecil dan kelompok sedang validasi ahli materi dan validasi ahli media. 2)Kelayakan pengembangan media video dengan menggunakan metode sosiodrama pada materi riba menurut: a) Validasi ahli materi menyebutkan bahwa persentase akhir yang diperoleh 92% dengan kriteria sangat baik; b) Validasi ahli media/desain menyebutkan bahwa persentase akhir yang diperoleh 94% dengan kriteria sangat baik; c) Uji coba kelompok kecil diperoleh dari dua reponden 79 % dengan kriteria baik; d) Uji coba kelompok sedang yang diperoleh dari sepuluh responden 84% dengan kriteria sangat baik. Pengembangan media video dengan menggunakan metode sosiodrama pada materi riba direkomendasikan oleh ahli materi dan ahli media dan dapan dipergunakan disekolah pada jenjang SMA/SMK.

Abstract

The implementation of Islamic religious education learning in vocational schools in particular tends to use textbooks provided by schools, while the amount of face-to-face learning for Islamic Education is only 3 hours per week, to overcome this it is necessary to develop video media using creative and innovative sociodrama methods so that attract students' attention. This limitation of media is the reference for researchers to develop video media development.

The formulation of the problem in this research are 1) How to develop video media using the sociodrama method on usury material at SMKN 2 Mentaya Hulu class XI OTKP 2) How is the feasibility of developing video media using the sociodrama method on usury material at SMKN 2 Mentaya Hulu class XI OTKP.

This study aims 1) To produce video media development using the sociodrama method on usury material at SMKN 2 Mentaya Hulu class XI OTKP 2) To determine the feasibility of developing video media using the sociodrama method on usury material at SMKN 2 Mentaya Hulu class XI OTKP.

The results of this study are 1) Development of video media using the sociodrama method on usury material at SMKN 2 Mentaya Hulu has been carried out well in accordance with the ADDIE development model, namely: a) Annalysis includes student characteristics analysis, material analysis and needs analysis b) Design includes design making video scripts, making video descriptions, storyboards, making lesson plans and compiling research instruments; c) Development includes completing video creation and video editing; d) Implementation includes validation of material experts and validation of media experts; and e) Evaluation includes small group trials and medium groups validation of material experts and validation of media experts. 2) The feasibility of developing video media using the sociodrama method on usury material according to: a) Validation of material experts states that the final percentage obtained is 92% with very good criteria; b) Validation of media / design experts stated that the final percentage obtained was 94% with very good criteria; c) Small group trials were obtained from two respondents 79% with good criteria; d) Medium group trials obtained from ten respondents 84% with very good criteria. The development of video media using the sociodrama method on usury material is recommended by material experts and media experts and can be used in schools at the SMA / SMK level.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sosiodrama; Media Video
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 08 Feb 2021 02:39
Last Modified: 10 Jan 2023 09:12
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2748

Actions (login required)

View Item View Item