Pengembangan media pembelajaran Mock-Up pada materi komponen ekosistem kelas V SDN 2 Sembuluh 1 Kecamatan Danau Sembuluh

Hasanah, Nur (2020) Pengembangan media pembelajaran Mock-Up pada materi komponen ekosistem kelas V SDN 2 Sembuluh 1 Kecamatan Danau Sembuluh. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Nur Hasanah - 1601170056.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran yang digunakan setiap guru yang berupaya untuk mengembangkan sendiri pengembangan media pembelajaran sederhana yang dapat dikembangkan oleh guru sehingga dapat meningkatkan keprofesionalan seorang guru. Melihat dari permasalahan tersebut, maka perlu adanya inovasi dalam pembuatan media yang sesuai dengan materi dan lingkungan belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran mock-up pada materi komponen ekosistem kelas V SDN 2 Sembuluh 1 Kecamatan Danau Sembuluh (2) Bagaimana pengembangan media pembelajaran mock-up pada materi komponen ekosistem kelas V SDN 2 Sembuluh 1 Kecamatan Danau Sembuluh. Tujuan penelitian (1) Mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran mock-up pada materi komponen ekosistem kelas V SDN 2 Sembuluh 1 Kecamatan Danau Sembuluh (2) Mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran mock-up pada materi komponen ekosistem kelas V SDN 2 Sembuluh 1 Kecamatan Danau Sembuluh.

Tahap penelitian menggunakan model ADDIE, yaitu: analysis, design, development, implementation dan evaluation. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan angket (ahli materi, ahli media, uji coba kelompok kecil dan besar). Data dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi syarat digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan penilaian ahli media menyebutkan bahwa jumlah skor hasil penilaian yang diperoleh adalah 43 dan presentase kelayakannya adalah 86% kriteria “Sangat Layak”. Penilaian ahli materi menyebutkan jumlah bahwa jumlah skor hasil penilaian yang diperoleh adalah 31 dan presentase kelayakannya adalah 77,5% kriteria “Cukup Layak”. Tanggapan siswa berdasarkan uji coba perorangan skor yang diperoleh adalah 136 dan presentase kelayakannya adalah 90,66% kriteria “Sangat Layak”. Berdasarkan uji coba kelompok kecil skor yang diperoleh adalah 268 dan presentase kelayakannya adalah 89,33% kriteria “Sangat Layak”. Media telah divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran dan dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Komponen Ekosistem Kelas V.

Abstract

He background of this research is the lack of use of media in learning that is used by every teacher who seeks to develop their own simple learning media that can be developed by the teacher so that it can improve the professionalism of a teacher. Seeing these problems, it is necessary to innovate in making media that is in accordance with the material and student learning environment. The formulation of the research problems are (1) How to develop mock-up learning media on the material of the V class ecosystem components of SDN 2 Sembuluh 1, Danau Sembuluh District (2) How to develop mock-up learning media on the material for class V ecosystem components SDN 2 Sembuluh 1 Kecamatan Danau Ten. The research objectives (1) Describe the development of mock-up learning media on the material of the V class ecosystem components of SDN 2 Sembuluh 1, Danau Sembuluh District (2) To describe the feasibility of the mock-up learning media on the material for the ecosystem components of class V SDN 2 Sembuluh 1, Danau Sembuluh District.

The research stage uses the ADDIE model, namely: analysis, design, development, implementation and evaluation. The analysis in this study uses qualitative and quantitative analysis. The instruments used in this study were observation, documentation and questionnaires (material experts, media experts, small and large group trials). The data from the observation and documentation were analyzed descriptively qualitatively, while the data obtained from the questionnaire were analyzed descriptively quantitatively.

The results showed that the media developed had met the requirements to be used as a learning medium. Based on the assessment of media experts, the total score of the assessment results obtained was 43 and the percentage of eligibility was 86% for the criteria of "Very Appropriate". The material expert's assessment states that the total score obtained from the assessment results is 31 and the percentage of eligibility is 77.5% for the criteria of "Fairly Feasible". Students' responses based on individual trials, the score obtained was 136 and the percentage of eligibility was 90.66% for the criteria of "Very Eligible". Based on the small group trial the score obtained was 268 and the percentage of eligibility was 89.33% for the criteria of "Very Eligible". The media has been validated by media experts, material experts, and learning experts and is declared very feasible to be used as learning media in Class V Ecosystem Component material.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran;Mock Up
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 05 Feb 2021 11:24
Last Modified: 05 Feb 2021 11:24
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2745

Actions (login required)

View Item View Item