Pendidikan akhlak dalam buku seri akhlak anak hebat karya shinta handini

Arbawatih, Arbawatih (2020) Pendidikan akhlak dalam buku seri akhlak anak hebat karya shinta handini. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Arbawatih- 1441111727.pdf

Download (2MB)

Abstract

Akhlak seorang anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan di sekitarnya, terutama orang tua dan guru sebagai role model bagi anak. Anak akan dengan cepat meniru perilaku dari orang-orang yang ada di sekitarnya yang setiap hari ia lihat. Salah satu metode pembelajaran moral pada anak yaitu melalui kegiatan bercerita. Lewat buku cerita Seri Akhlak Anak Hebat karya Shinta Handini sangat membantu orang tua yang menginginkan anaknya menjadi balita yang cerdas intelektual, emosional, dan spiritual. Tujuan utama penelitian ini untuk mengkaji hal- hal sebagai berikut: 1) Cerita yang terdapat di dalam Buku Seri Akhlak Anak Hebat karya Shinta Handini. 2) Untuk mengetahui pendidikan akhlak yang terkandung dalam Buku Seri Akhlak Anak Hebat karya Shinta Handini.

Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yang terdiri dari data primer berupa buku Seri Akhlak Anak Hebat Karya Shinta Handini dan data skunder berupa buku-buku penunjang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dilakukan dengan cara pengamatan melalui cerita, yaitu dengan mengumpulkan data-data yang didapat berdasar pengamatan melalui cerita. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah analisis isi (content analisys).

Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1) cerita yang terdapat dalam buku seri akhlak anak hebat, yaitu Seri 1 Senangnya Berbagi, Seri 2 Bangganya Berprilaku Jujur, Seri 3 Indahnya Berkata Baik, Seri 4 Bahagianya Saling Menyayangi dan Seri 5 Nikmatnya Bersabar. 2) Pendidikan akhlak yang terdapat dalam buku seri akhlak anak hebat, yaitu: Pendidikan akhlak berlaku jujur, Pendidikan akhlak kasih sayang, Pendidikan akhlak bersabar.

Abstract

The morals of a child are strongly influenced by the environment around them, especially parents and teachers as their role models. Children will quickly imitate the behavior of the people around them that they observe every day. One method of children moral learning is storytelling. The story inside book series of moral for great children by Shinta Handini helps parents to educate their children to be intellectually, emotionally, and spiritually smart toddlers. The main purpose of this research is to examine: 1) The story told in the Book Series of Moral for Great Children by Shinta Handini. 2) To find out the moral education contained in the book.

This research is a library research. The data were collected using the documentation method consisting of primary data in the form of Shinta Handini's Book Series of Moral for Great Children and secondary data in the form of supporting books. The data collection technique used in this research is the documentation method by means of observation and collecting data from stories. While the data analysis used in this thesis is content analysis.

The results of this study indicate: 1) the stories contained in the book series are Series 1 Share the Happiness, Series 2 Proud to Be Honest, Series 3 Good Words, Series 4 Loving Each Other and Series 5 Enjoying Being Patient. 2) The moral education contained in the book series are Moral education to be honest, compassion, and being patient.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendikan Akhlak; Anak Usia Dini; buku Penunjang
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 25 Jan 2021 05:41
Last Modified: 25 Jan 2021 05:41
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2719

Actions (login required)

View Item View Item