Hastuti, Tria Aprianti (2020) Kemampuan berbahasa indonesia siswa dalam menyampaikan pertanyaan mata pelajaran IPS pada masa pandemi kelas IV di SDN 2 Sembuluh 1 Kabupaten Seruyan. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Tria Aprianti Hastuti- 1601170057.pdf Download (1MB) |
Abstract
Peneliti ini bertolak pada permasalahan kemampuan berbahasa Indonesia siswa menyampaikan pertanyaan dalam pembelajaran terutama pada pembelajaran IPS kenapa tidak pembelajaran yang lain karena pembelajaran IPS merupakan salah satu pembelajaran yang erat “becerita” dari becerita tersebut maka dapat melihat kemampuan menyimak siswa dan menumbuhkan rasa ingin tahu siswa untuk bertanya, peneliti juga sebelumya sudah menggunakan bahas Indonesia dan hasilnya sangat baik, inilah yang membedakan dengan hasil peneliti yaitu mata pelajaran IPS. Peneliti tertarik mengambil kelas IV karena siswa kelas tinggi adalah siswa yang bisa mengungkapkan pendapat dan bertanya pada guru dan tak perlu bimbingan dalam bertanya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas tentang bagaimana . Kemampuan Berbahasa Indonesia Siswa Dalam Menyampaikan Pertanyaan Mata Pelajaran IPS Pada Masa Pandemi Kelas IV Di SDN 2 Sembuluh 1 Kabupaten Seruyan dan Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Siswa Dalam Menerapkan Mata Pelajaran IPS Pertanyaan Pada Masa Pandemi Kelas IV Di SDN 2 Sembuluh 1 Kabupaten Seruyan. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana Kemampuan Berbahasa Indonesia siswa dalam menyampaikan pertanyaan mata pelajaran IPS Pertanyaan Pada Masa Pandemi di SDN 2 Sembuluh I Kabupaten Seruyan? (2) Apa saja faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam menerapkan pertanyaan mata pelajaran IPS pada masa pandemi kelas IV di SDN 2 Sembuluh I Kabupaten Seuryan?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian ini siswa kelas IV SDN 2 Sembuluh I. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengabsahan data yang digunakan triagulasi reduksi, penyajian data, menarik kesimpulan, sehingga penelitian ini dapat mendeskripsikan tentang pembelajaran IPS mennggunakan kemampuan berbahasa Indonesia siswa kelas IV.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berbahasa Indonesia siswa dalam menyampaikan pertanyaan yang dilakukan oleh siswa pada pembelajaran IPS tentang Selalu Berhemat Energi di kelas IV SDN 2 Sembuluh I , terlaksana dengan “ Baik”. Dapat dilihat dari langkah-langkah guru merencanakan pembelajaran yang termuat dalam RPP yakni pemilihan materi, menentukan tujuan pembelajaran, langkah-langkah sintaks/tahapan materi (2) Kemampuan berbahasa Indonesia yang dilakukan oleh guru dan siswa juga terlaksana dengan baik.
Abstract
The research started from the problem of student ability to speak Indonesian on social subject, why researcher chose the subject because it was one of the most closely related “retelling”, from retelling, you could recognize the student listening ability and foster students' curiosity to ask questions, Previous researcher also had Indonesian language and the result was very good. This was distinguished the result of researcher, namely social subject. Researcher was interested to select the fourth grade because the high-grade of students who could express opinions and ask questions to the teacher and did not require any guidance in asking questions.
This research aimed to recognize clearly about how the Indonesian language ability of students in delivering questions during the Covid-19 pandemic on social subject at the fourth grade of SDN 2 Sembuluh 1, Seruyan Regency and factors affecting student’s ability to deliver questions during the Covid-19 pandemic at the fourth grade of SDN 2 Sembuluh 1, Seruyan Regency. The research problems were (1) how is Indonesian language ability of students in delivering questions during the pandemic on social subject at the fourth grade of SDN 2 Sembuluh, Seruyan Regency? (2) What are the factors that affect the students’ ability to deliver questions during the pandemic on social subject at the fourth grade of SDN 2 Sembuluh 1, Seruyan Regency?
This research used descriptive qualitative. The subjects were teachers and students of SDN 2 Sembuluh 1. The data were collected through some techniques, namely: observation, interviews, and documentation. Data analysis used the stages, namely: data reduction, data presentation and draw conclusion. The data validation used triangulation, so the research could describe social subject learning using Indonesian language at the fourth grade students.
The results showed that (1) the students’ ability to ask questions related social subject “Always Save Energy” at the fourth grade of SDN 2, Sembuluh 1 was applied well, it could be reconized from the teacher steps to design the learning plan which included in lesson plan. The lesson plan consisted of selecting materials, determing learning objectives, and syntax step / material stages (2) the Indonesian language ability performed by teachers and students were carried out well.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan ;Berbahasa Indonesia;Siswa SD |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 22 Jan 2021 10:04 |
Last Modified: | 28 May 2021 07:54 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2717 |
Actions (login required)
View Item |