Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing motivasi dan hasil belajar siswa berbantuan LKS secara Online materi usaha dan pesawat sederhana

Wahyuni, Sri (2020) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing motivasi dan hasil belajar siswa berbantuan LKS secara Online materi usaha dan pesawat sederhana. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Sri Wahyuni - 1401130332.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana motivasi menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pra-eksperimen. Desain penelitian menggunakan one-group pretest-posttest design dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sampel yang dipilih yaitu kelas VIII A di MTs Hidayatul Insan Palangka Raya pada bulan September 2020. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi dan tes hasil belajar kognitif siswa.

Hasil penelitian diperoleh: (1) Nilai rata-rata motivasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing materi usaha dan pesawat sederhana sebesar 71 (2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model inkuiri terbimbing materi usaha dan pesawat sederhana dengan nilai rata-rata pretest sebesar 21,9, posttest sebesar 77,5, gain sebesar 55,5, dan N-gain sebesar 0,71 yaitu kategori tinggi.

Abstract

In this study, the aim of this research is to find out (1) How is the motivation to use the model guided inquiry learning(2) How to improve student learning outcomes using the model guided inquiry learning.

This study uses a quantitative approach with the type of pre-experimental research. The research design used a one-group pretest-posttest design with sampling using purposive sampling technique, the sample selected was class VIII A at MTs Hidayatul Insan Palangka Raya in September 2020. The instruments used were a motivation questionnaire and a test of student cognitive learning outcomes.

The research results obtained: (1) The average value of student learning motivation using the guided inquiry learning model business material and simple aircraft is 71 (2) There is an increase in student learning outcomes using guided inquiry model business material and simple aircraft with an average pretest value of 21.9, posttest of 77.5, gain of 55.5, and N-gain of 0.71 which is the high category.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri ; Hasil belajar; Fisika
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0202 Classical Physics > 020399 Classical Physics not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 19 Jan 2021 08:32
Last Modified: 19 Jan 2021 08:32
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2700

Actions (login required)

View Item View Item