Metode menghafal surah - surah dalam al- qur'an pada siswa kelas 4 MIS Miftahul Huda 1 Palangka Raya

Masholihah, Ema (2020) Metode menghafal surah - surah dalam al- qur'an pada siswa kelas 4 MIS Miftahul Huda 1 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Ema Masholihah - 1441112429.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan fakta di lapangan, kemampuan peserta didik dalam menghafal surah-surah pilihan dalam al-qur’an di Mis Miftahul Huda I Palangka Raya masih lemah. Salah satu alasannya adalah kurangnya kemampuan guru dalam mengajar atau membimbing terutama dalam menerapkan metode menghafal. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana penerapan metode menghafal surah-surah pilihan dalam al-qur’an pada siswa kelas 4 Mis Miftahul Huda I Palangka Raya? 2. Apa kendala menghafal al-Qur'an pada siswa kelas 4 C MIS Miftahul Huda I Kota Palangka Raya? 3. Bagaimana langkah guru mengatasi permasalahan menghafal al-Qur'an di kelas 4 C MIS Miftahul Huda I Kota Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian lapangan deskriptif bukan angket atau hipotesis. Tempat penelitian ini dilakukan di MIS Miftahul Huda I Kota Palangka Raya dengan subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Al-Qur'an Hadits, penelitian ini diolah berdasarkan penggunaan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya menggunakan pengabsahan data yaitu triangulasi sumber, setelah data terkumpul dilakukan analisis data yang meliputi collection, reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.

Adapun hasil penelitian ini yaitu Penerapan metode menghafal surah-surah pilihan dilakukan dengan menerapkan 5 metode yaitu Metode Sima’i, Metode Jama’ atau klasikal, Metode Bin-Naẓar, Metode Tahfiẓ dan. Metode Talaqqi. Kendala menghafal surah-surah pilihan yaitu faktor kesibukan atau kegiatan, faktor inteligensi siswa, dan faktor lingkungan. Langkah mengatasi permasalahan dalam menerapkan metode menghafal surah-surah pilihan, yaitu guru mencoba melakukan terobosan baru yaitu menerapkan, metode menghafal beserta arti kalimat perkata (mufrodat) dengan harapan memudahkan siswa untuk mengingat setiap ayat, memberikan tugas tambahan, menghubungi orang tua atau wali murid agar bisa melakukan bimbingan menghafal di luar jam sekolah.

Absrtract

Based on facts in the field, the ability of students to memorize selected surahs in al-quran in Mis Miftahul Huda I Palangka Raya is still weak. One of the reasons is the lack of the teacher's ability to teach or guide, especially in applying the memorization method. The problems discussed in this study are 1. How is the application of the method of memorizing selected surahs in the Koran in grade 4 C students of Miftahul Huda 1 Kota Palangka Raya? 2 What are the obstacles to memorizing the Koran for grade 4 C students of Miftahul Huda 1 Kota Palangka Raya? 3. How the teacher steps to solve the problem of memorizing the Koran in grade 4 C Miftahul Huda 1 Kota Palangka Raya.

This research uses qualitative methods, namely descriptive field research, not a questionnaire or hypothesis. The place where this research was conducted at MIS Miftahul Huda 1 Palangka Raya City with the research subject was the teacher of Al-Qur'an Hadith subject, this research was processed based on the use of observation data collection techniques, interviews and documentation, then using data validation, namely triangulation of sources, after the data collected data analysis which includes collection, data reduction, data display and verification or drawing conclusions.

The results of this study are the application of the method of memorizing selected surahs by applying 5 methods, namely the Sima'i method, Jama 'or classical method, the Bin-Naẓar method, the Tahfiẓ method and the Talaqqi method. Obstacles in memorizing selected surahs are busyness or activity factors, student intelligence factors, and environmental factors. The step to overcome the problem in applying the method of memorizing selected surahs is that the teacher tries to make a new breakthrough, namely applying the memorization method and the meaning of the word sentence (mufrodat) in the hope that it will make it easier for students to remember each verse, give additional assignments, contact parents or guardians can do memorization guidance outside of school hours.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Menghafal; Kemampuan Peserta Didik
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 19 Jan 2021 07:47
Last Modified: 19 Jan 2021 07:47
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2699

Actions (login required)

View Item View Item