Pembelajaran tematik tema 3 menggunakan lingkungan sebagai media pembelajaran di MIN 3 Kota Palangka Raya

Alfajar, Taufik (2020) Pembelajaran tematik tema 3 menggunakan lingkungan sebagai media pembelajaran di MIN 3 Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI TAUFIK ALFAJAR-1501170014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari usaha pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan. Pendidikan pada dasarnya merupakan suatu usaha pengembangan sumber daya manusia (SDM), usaha pengembangan SDM tidak hanya dapat dilakukan melalui pendidikan khususnya pendidikan formal (sekolah). Pendidikan juga dapat dilakukan melalui alam dengan cara mengamati lingkungan, bermain sambil belajar bersama teman sebaya dengan arahan orangtua da guru.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lingkungan sebagai media pembelajaran tematik tema 3 serta mendeskripsikan respon siswa selama proses pembelajaran berlangsung menggunakan lingkungan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif diskriptif. Adapun data didapatkan melalui subjek yang diteliti yaitu guru dan siswa dikelas V A menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi selama penelitian berlangsung. Kemudian data diabsahkan dengan menggunkan triangulasi dan analisis melalui empat tahap yaitu data collection, data display, data reduction dan data conclusion drawing/verifying.

Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa 1) menggunakan lingkungan sebagai media dapat di terapka untuk siswa kelas V di MI, dan dapat diterpkan disemua kelas, dari kelas 1-6 meskipun harus mencari cara dan mencari tempat guru harus memahami materi yang akan dipelajari sehingga tidak kesulitan saat mencari media pembelajaran. 2) respon siswa selama proses pembelajran berjalan dengan baik dan antusias, siswa dapat memahami tujuan pembelajaran tanpa guru harus menjelaskan secara mendalam karena siswa dituntut untuk berfikir kritis melalui pembelajaran lingkungan sebagai media pembelajaran tersebut. Siswa dapat menjadi guru untuk dirinya dan teman sebaya selama proses pembelajaran menggunakan lingkungan sebagai media pembelajaran.

Abstract

This research stems from efforts to develop human resources through education. Education is basically an effort to develop human resources (HR), human resource development efforts can not only be done through education, especially formal education (schools). Education can also be done through nature by observing the environment, playing while learning with peers under the direction of parents and teachers.

This study aims to describe the environment as a thematic learning medium for theme 3 and to describe the students' responses during the learning process using the environment as a learning medium. This research uses descriptive qualitative method. The data were obtained through the subjects studied, namely teachers and students in class V A using interviews, observation and documentation during the study. Then the data is validated by using triangulation and analysis through four stages, namely data collection, data display, data reduction and data conclusion drawing / verifying.

Based on the power analysis carried out, it is concluded that 1) using the environment as a medium can be applied to grade V students in MI, and can be applied to all classes, from grades 1-6 even though they have to find ways and look for places where the teacher must understand the material to be studied so there is no difficulty when looking for learning media. 2) student responses during the learning process go well and enthusiastically, students can understand the learning objectives without the teacher having to explain in depth because students are required to think critically through the learning environment as a learning medium. Students can become teachers for themselves and their peers during the learning process using the environment as a learning medium.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran;Pembelajaran Tematik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 15 Jan 2021 06:35
Last Modified: 28 May 2021 07:14
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2693

Actions (login required)

View Item View Item