Upaya guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas V MI Darul Mukmin Kuala Pembuang

Munifah, Siti (2020) Upaya guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas V MI Darul Mukmin Kuala Pembuang. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Siti Munifah- 1401111875.pdf

Download (2MB)

Abstract

Aktivitas belajar adalah segala kegiatan yang dilakukan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran baik secara fisik maupun mental untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman. Pada proses pembelajaran siswa harus memperoleh kesempatan belajar secara aktif untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal, oleh sebab itu upaya guru sangat penting untuk menumbuhkan atau meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga tujuan pembelajaran mudah tercapai. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana upaya guru dalam merencanakan pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, 2) Bagaimana upaya guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas V MI Darul Mukmin Kuala Pembuang? Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan upaya guru dalam merencanakan pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran serta faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas V MI Darul Mukmin Kuala Pembuang.

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, subyek penelitian adalah guru kelas V MI Darul Mukmin Kuala Pembuang, sedangkan obyek penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa. Adapun teknik mengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya data dianalisis dengan 3 tahapan yaitu Data Reduction (reduksi data), Data Display (penyajian data), Conclusing Drawing.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Upaya yang dilakukan guru dalam merencanakan pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pada penyusunan RPP ada beberapa komponen yang ditentukan guru yaitu guru menentukan indikator, guru menentukan tujuan pembelajaran, guru menentukan media pembelajaran, guru menentukan metode belajar, guru menentukan sumber belajar, dan menentukan evaluasi Pembelajaran. 2) Upaya yang dilakukan guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu pada kegiatan pendahuluan guru memberikan motivasi. Pada kegiatan inti guru menyampaikan materi pelajaran dengan menggunakan metode-metode belajar dan media pembelajaran. Pada kegiatan penutup guru melakukan evaluasi secara lisan. Aktivitas yang dilakukan siswa yaitu mendengarkan, berbicara, berpikir, dan menulis. 3) Faktor pendukung dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu jumlah siswa yang tidak terlalu banyak dan kondisi ruang kelas. Sedangkan faktor penghambat dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu keterbatasan media pembelajaran, keterbatasan buku pelajaran SKI, dan minat siswa.

Abstract

Learning activity is all the activity that do by the students in follow the learning process physically and mentally to get knowledge and experience. In learning process the students should get the learning chance actively to get the maximum learning outcomes, that’s why the teacher’s effort really needed to grow up or improving the students’ learning activity so the learning objective can be achieved easily. The problem in this research are : 1) How is the teacher’s effort in planning the learning to improving the students’ learning activity , 2) How is the teacher’s effort in implementing the learning to improve the students’ learning activity, 3) What are the support and inhibitor factors in improving the students’ learning activity in History of Islam subject at fifth grade MI Darul Mukmin Kuala Pembuang ? The research objectives are to describe the teacher’s effort in plan the learnig and implement the learning and support and inhibitor factors in improving students’ learning activity on Islamic Cultural History subject on fifth grade at MI Daru Mikmin Kuala Pembuang.

This research used qualitative approach, the correspondent of this research was the teacher in fifth grade MI Darul Mukmin Kuala Pembuang, while the object of this research is student learning activity. The data collection technique through observation, interview and documentation, then data analyzed through 3 phases, they were Data Reduction, Data Display and Conclusion Drawing.

The result showed that : 1) The efforts that teacher did in plan the learning to improve students’ learning activity was arraneged lesson plan. When arranged lesson plan, there were some components which decided by teacher like determine indicators, learning objective, learning media , learning method, learning souce and learning evaluation. 2) The efforts that teacher did in implemented the learning to improve students’ learning activity on preliminary activity was gave motivation. On main activity, teacher conveyed learning material with learning methods and learning media. On closing activity, teacher did evaluation orally. The activities that students did such as listen, speak, think and write. 3) The supported factor was the not really many students and condition in classroom. While the inhibitor factors were limitation learning media, Islamic Cultural History textbooks and students’ interest.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru;Aktifitas Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 13 Jan 2021 03:03
Last Modified: 13 Jan 2021 03:03
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2676

Actions (login required)

View Item View Item