Penerapan model Teams Games Tournament (TGT) melalui permainan cerdas cermat dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pai kelas VII DI SMP Al-Amin Palangka Raya

Widiyanto, Tulus (2019) Penerapan model Teams Games Tournament (TGT) melalui permainan cerdas cermat dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pai kelas VII DI SMP Al-Amin Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Tulus Widiyanto-1401111828.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari pembelajaran mata pelajaran PAI di SMP Al-Amin Palangka Rayayang sudah menggunakan kurikulum 13 di dalam proses pembelajaran dan seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju. Guru diharapkan dapat membuat pembelajaran yang membentuk peserta didik berperan aktif dalam pelaksanaan belajar mengar hal di dasari dari UU no. 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 1 tentang sistem pendidikan Nasional menyatakan bahwa: didalam pendidikan dapat mewujudkan suasana pembelajaran siswa secara aktif. Dengan banyaknya startegi, motode, dan model yang dapat di terapkan dalam pembelajaranyang sesuai dengan kurikulum 13 maka peneliti memilih salah satunya yaitu Model teams games tournamen (TGT) yang ingin peneliti terapkan di SMP Al-Amin Palangka Raya.

Rumusan masalah penelitan adalah untuk mengetahui bagaimana. 1) Penerapan Model Teams Gemas Tournament (TGT) melalui permainan cerdas cermat dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI di kelas VII SMP Al-Amin Palangka Raya? 2) Peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI setelah diterapan Model Teams Gemas Tournament (TGT) melalui permainan cerdas cermat di kelas VII SMP Al-Amin Palangka Raya?

Penelitian ini menggunakan metodologi pra-exsperimental, desain penelitian menggunakan tes awal dan tes akhir (the one pretest-posttest), subjek penelitian adalah guru mata pelajaran PAI dan siswa serta kepala sekolah sebagai informasi tambahan. untuk valiabel penelitian ada 2 yaitu X pembelajaran model TGT dan Y peningkatan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar (THB) dan dengan uji N-Gain serta Didukung dengan data observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Berdasarkan dari tiga kali pertemuan bahwa dalam pembelajaran PAI dengan adanya pemanfaat model TGT dapat membuat siswa aktif dan dapat membuat guru lebih mudah dalam menyampaikan materi PAI serta membuat siswa tidak bosan dalam pembelajaran yang berlangsung. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dengan nila rata-rata dari setiap pertemuan menunjukan skor 0,81 untuk pertemuan pertama,, 0,91 pertemuan kedua,dan 1,68 pertemuan ketiga. dari peningkatan hasil belajar dinyatakan sangat baik apabila nilai > 0,7peningkatan yang sangat baik ini yang menjadi acuan peneliti menyatakan bahwa dalam penelitian dengan menggunakan model TGT melalui permainan cerdas cermat sudah berjalan sangat baik.

ABSTRACT

This research starts from Islamic subject learning at Al-Amin Junior High School in Palangka Raya, which has used Curriculum 13 in the learning process and along with the development of an increasingly advanced era. Teachers are expected to be able to make learning that forms students play an active role in the implementation of teaching and learning based on Law no. 20 of 2003 article 1 section 1 of the the National education system states that: in education can realize the atmosphere of student learning actively. With the many strategies, methods, and models that can be applied in learning according to curriculum 13, the researcher choose the Team Games Tournament (TGT) model that researcher want to apply at Al-Amin Junior High School in Palangka Raya.

The research problem this research is to found out. 1) Application of the Teams Games Tournament Model (TGT) through quiz games in improving learning outcomes of PAI subjects in class VII of Al-Amin Palangka Raya Junior High School? 2) Improving students learning outcomes of PAI subject after applying the Teams Games Tournament (TGT) model through quiz game in class VII of Al-Amin Junior High School in Palangka Raya? With the material of Hijrah to Madinah a proud story.

This research uses descriptive qualitative method, the research design uses the initial test and the final test (the one pretest-posttest), the subject of this research is the PAI subject teacher, students as well as the principal as additional information for the study variables, there are 2 the X learning TGT model and the Y improvement of learning outcomesData collection techniques using observation sheets, learning achievement tests (THB) and with the N-Gain test and supported by observation data, interviews, and documentation.

Based on three meetings that the learning of PAI with the use of the TGT model can make students active and can make teachers more easily deliver PAI material and make students not bored in ongoing learning. This can be see from the increase in student learning outcomes with an average value of each meeting showing a score of 0.81 for the first meeting, 0.91, the second meeting, and 1.68 the third meeting. from an increase in learning outcomes is stated to be very good if the value> 0.7 is a very good improvement which is a reference the researcher states that in research using the TGT model through intelligent play games has been going very well.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: mOdel Pembelajaran;Peningkatan;Hasil Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 01 Sep 2020 04:21
Last Modified: 01 Sep 2020 04:21
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2541

Actions (login required)

View Item View Item