Pelaksanaan evaluasi proses dan hasil belajar peserta didik oleh guru pendidikan agama islam di SMPN 2 Sukamara

Aula, Muhib Baitul (2019) Pelaksanaan evaluasi proses dan hasil belajar peserta didik oleh guru pendidikan agama islam di SMPN 2 Sukamara. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Muhib Baitul Aula-1301111762.pdf

Download (2MB)

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Sukamara telah melakukan evaluasi hasil belajar peerta didik namun belum diketahui secara pasti apakah dalam pelaksanaan, dan pengolahan hasil belajar sudah dilakukan dengan baik dan terlaksana sesuai dengan prosedur evaluasi yang seharusnya. Oleh karena itu evaluasi perlu dilakukan untuk mengukur keberhasilan guru dalam mengajar dan keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran.

Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi proses hasil belajar peserta didik oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Sukamara. 2).Untuk mengetahui pengolahan hasil belajar peserta didik oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Sukamara.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sabjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islaam di SMPN 2 Sukamara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan tekni Triangulasi yaitu membandingkan antara subjek penelitaian dengan data wawancara dan sumber lain. Teknik analisis data menggunakan teknik 1). Data Reduction (reduksi data). 2). Data display (penyajian data). 3). Conclusion Drawing/Verification, artinya penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian: 1). Pelaksanaan evaluasi proses hasil belajar peserta didik oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Sukamara. Meliputi : a). Perencanaan evaluasi proses dan hasil belajar peserta didik, perencanaan yang di buat guru meliputi penentuan aspek yang dinilai, pemilihan teknik penilaian, dan pembuatan instrumen penilaian. Penentuan aspek yang dinilai didasarkan pada rumusan indikator pembelajaran, guru menyebutkan ada tiga ranah penilaian yaitu penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik, akan tetapi dalam silabus dan RRP yang digunakan guru, tidak ditemukan adanya penilaian ranah kognitif, walau demikian pada prosesnya penilaian ranah kognitif masih tetap dilakukan oleh guru. b). Pelaksanaan evaluasi proses dan hasil belajar peserta didik, pelaksanaannya belum sesuai dengan perencanaan dan juga tidak mengacu pada Silabus dan RPP, dan penilaian yang dilakukan guru belum mengacu pada instrumen dan teknik yang telah ditentukan serta dalam membuat keputusan nilai guru tidak pernah melibatkan peserta didik untuk mengoreksi hasil belajar, guru hanya berpedoman pada kriteria penilaian pribadi, hal ini membuat para peserta didik tidak mempunyai dasar untuk perbaikan nilai atau menambah nilai yang sudah baik menjadi lebih baik lagi, akan tetapi dalam proses penilai guru sudah berusaha berlaku adil tanpa membeda-bedakan antara peserta didik yang satu dengan yang lain. 2). Pengolahan hasil belajar peserta didik yang di lakukanoleh guru dalam penentuan nilai akhir peserta didik melihat dari hasil ulangan harian, ulangan tengah smester, dan ulangan akhir, di tambah lagi dengan nilai keterampilan, nilai sikap, nilai penugasan serta nilai peraktek berupa persentasi. Dari jumlah keseluruhan nilai tersebut barulah di dapat nilai akhir peserta didik.

ABSTRACT

Islamic Education Teacher at SMPN 2 Sukamara have evaluated students learning results but it is not certain whether the implementation and processing of learning results have been carried out properly and carried out in accordance with proper evaluation procedures. Therefore evaluation needs to be done to measure the success of the teacher in teaching and the success in learning.

The objectives of this research are: 1) to describe the implementation of students’ process evaluation and learning result by Islamic education teachers in SMPN 2 Sukamara. 2) to find out the processing of learning results of students by Islamic education teachers in SMPN 2 Sukamara.

The method used in this research is qualitative method. The subject in this research was a teacher of Islamic education in SMPN 2 Sukamara. The techniques of data collection used in this study were observation, interview and documentation. The technique of validating data using Triangulation technique which is comparing the research subject with interview data and other sources. The data analysis techniques were 1) data reduction (data reduction). 2) data display (data presentation). 3) drawing conclusion/verification, which means drawing the conclusions.

The research results : 1) the implementation of students’ process evaluation and learning result by Islamic education teacher in SMPN 2 Sukamara includes : a) Planning students’ process evaluation and learning result, planning made by teachers includes determining the aspects assessed, selecting assessment technique, and making assessment instrument. Determination of aspects assessed is based on the formulation of learning indicators, the teacher mention there are three domains of assessment, namely cognitive, affective, and psychomotor assessment, but in syllabus and lesson plan that is used by teacher, there is no assessment of the cognitive assessment, however the process of cognitive assessment is still done by the teacher. b) The students’ process evaluation and learning result, the implementation is not in accordance with the planning and also does not refer to the syllabus and lesson plan, and the assessment made by the teacher has not referred to the instruments and techniques that have been determined and in making the teacher is the only guided by personal assessment criteria, this make the students do not have a basis for improving their score or adding good score to be better, but the teacher appraisal process they have tried to be fair without discriminating between one student and other students. 2) The students’ process evaluation and learning result that is done by teacher in determining the final score of students seeing from the result of daily test, middle test and final test, plus the score of skills, attitude scores, assignment score and presentation score in the form of percentages. From the total number of score then the final score of students can be obtained.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Proses; Hasil Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 08 Jun 2020 04:09
Last Modified: 08 Jun 2020 04:09
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2410

Actions (login required)

View Item View Item