Pengembangan bahan ajar berbasis blended learning pada mata kuliah ilmu pendidikan prodi pendidikan agama islam

Rahmah, Zainatur (2019) Pengembangan bahan ajar berbasis blended learning pada mata kuliah ilmu pendidikan prodi pendidikan agama islam. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Zainatur Rahmah -1401111819.pdf

Download (13MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena keterbatasan bahan ajar pada Mata Kuliah Ilmu Pendidikan cenderung dilaksanakan secara manual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah yaitu apakah layak bahan ajar berbasis blended Learning pada Mata Kuliah Ilmu Pendidikan digunakan dalam Prodi Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis Blended Learning pada mata kuliah Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Agama Islam.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan, dilakukan melalui sepuluh tahapan menggunakan model Dick and Carey, yaitu mengidentifikasi tujuan pembelajaran, melakukan analisis pembelajaran, mengidentifikasi karakteristik peserta didik, merumuskan tujuan khusus, mengembangkan butir tes, mengembangkan strategi pembelajaran, memilih dan mengembangkan bahan ajar, merancang dan melaksanakan evaluasi formatif, merevisi pembelajaran, merancang dan melaksanakan evaluasi sumatif.Untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan, diperlukan data kuantitatif berupa skor tanggapan tentang kualitas produk melalui angket yang divalidasi oleh ahli media dan ahli materi serta tanggapan mahasiswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis blended learning melalui programmacromedia flash 8 pada Mata Kuliah Ilmu Pendidikan prodi Pendidikan Agama Islam semester 1 materi komponen-komponen pendidikanmemiliki kategori kelayakan “sangat baik” hal ini didasarkan pada penggunaan skala likert. Adapun hasil validasi dan uji coba diantaranya (1) Validasi ahli materi menyebutkan bahwa persentase akhir yang diperoleh dari aspek materi dan kebahasaan yaitu 89,09% dengan kriteria sangat baik (2) Validasi ahli media menyebutkan bahwa persentase akhir yang diperoleh dari aspek materi dan tampilan yaitu 100,00% dengan kriteria sangat baik (3) Uji coba individu menyebutkan bahwa persentase akhir yang diperoleh dari aspek materi dan tampilan yaitu 78,95% dengan kriteria baik (4) Uji coba kelompok kecil menyebutkan bahwa persentase akhir yang diperoleh yaitu 90,67% dengan kriteria sangat baik (5) dan uji coba lapangan menyebutkan bahwa persentase akhir yang diperoleh yaitu 91,40% dengan kriteria sangat baik.

ABSTRACT

The background of this research is that the limitations of teaching materials in the subject of Education tend to be carried out manually. The formulation of the problem in this study is that is it feasible for blended Learning-based teaching materials in the Educational Sciences course to be used in the PAI Study Program. This study aims to produce products in the form of Blended Learning-based teaching materials in PAI Education Study Program subjects.

This research uses development research methods, carried out through ten stages using the Dick and Carey model, namely identifying learning objectives, conducting learning analysis, identifying characteristics of students, formulating specific objectives, developing test items, developing learning strategies, selecting and developing teaching materials, designing and carry out formative evaluations, revise learning, design and carry out summative evaluations. To find out the feasibility of the product being developed, quantitative data is needed in the form of response scores about product quality through a questionnaire validated by media experts and material experts and student responses.

The results of the study showed that teaching materials based on blended learning through the Macromedia Flash 8 program in the subject of Education in the first semester of the PAI study program on the components of education had a “very good” feasibility category which was based on the percentage gain using the Likert scale. The results of validation and trials include (1) the validation of the material expert said that the final percentage obtained from the material and linguistic aspects is 89.09% with very good criteria, (2) Validation of media experts stated that the final percentage obtained from material and display aspects was 100,00% with very good criteria, (3) Individual trials stated that the final percentage obtained from material and display aspects is 78.95% with good criteria (4) Small group trials state that the final percentage obtained is 90,67% with very good criteria (5) and field trials state that the final percentage obtained is 91,40% with very good criteria.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar; Blanded Learning;Ilmu Pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 08 Jun 2020 03:29
Last Modified: 08 Jun 2020 03:29
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2408

Actions (login required)

View Item View Item