Pengaruh peningkatan volume penjualan kosmetik impor terhadap pendapatan pedagang kosmetik lokal di Kota Palangka Raya

Saputri, Anggraeni Maulina (2019) Pengaruh peningkatan volume penjualan kosmetik impor terhadap pendapatan pedagang kosmetik lokal di Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Anggraeni Maulina Saputri-1504120391.pdf

Download (2MB)

Abstract

Islam menganjurkan utnuk merawat dan memelihari diri dengan syarat tidak berlebih-lebihan. Kosmetik merupakan salah satu zat olahan yang digunakan untuk merawat dan menjaga kulit pada tubuh manusia, saat ini kosmetik sudah menjadi kebutuhan primer baik bagi laki-laki ataupun perempuan. Beberapa tahun terakhir kosmetik impor menjadi primadona di masyarakat fenomena ini dimanfaatkan para distributor untuk mengimpor kosmetik dari luar negeri demi memenuhi permintaan pasar. Akibatnya pasar domestik dibanjiri produk impor yang setiap tahunnya terus meningkat. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui pengaruh peningkatan volume penjualan kosmetik impor terhadap pendapatan pedagang kosmetik lokal di Kota Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah para penjual kosmetik domestik di Kota Palangka Raya. Sampel yang diambil untuk mendukung penelitian ini berjumlah 31 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling yang artinya pengambilan sampel secara acak. Sedangkan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dengan teknik Kolmogorov Smirnov. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan regresi linier sederhana dengan menggunakan aplikasi SPSS 20.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kosmetik impor memiliki hubungan yang cukup kuat dengan pendapatan kosmetik domestik, hal ini berdasarkan hasil koefisien korelasi product moment yaitu sebesar 0,486 > 0,455 dimana rhitung > rtabel. Berdasarkan hasil dari persamaan regresi sederhananya adalah Y = 21,378 + 0,365X. Diperoleh pula nilai Sig. 0,006 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan. Uji regresi linier sederhana menunjukkan nilai koefisien determinasi 0,236 yang artinya pengaruh kosmetik impor terhadap pendapatan kosmetik domestik adalah sebesar 23%. Diperoleh pula nilai t hitung sebesar 2,994 yang mana lebih besar dari t tabel 1,669 sehingga dapat disimpulkan bahwa kosmetik impor mempengaruhi secara signifikan pendapatan kosmetik domestik.

ABSTRACT

Islam recommends caring for and nurturing oneself on condition that it is not excessive. Cosmetics is one of the processed substances that are used to treat and maintain the skin on the human body, currently, cosmetics have become a primary need for both men and women. The last few years imported cosmetics have been excellent in the community. This phenomenon is used by distributors to import cosmetics from abroad to meet market demand. As a result, the domestic market is flooded with imported products that continue to increase every year. This research is focused to find out the effect of increasing the sales volume of imported cosmetics on local cosmetics revenue in Palangka Raya City.

This research uses a quantitative approach and uses the type of correlation research. The population in this study were domestic cosmetics sellers in Palangkaraya City. Samples taken to support this study amounted to 31 respondents with a sampling technique that is random sampling which means random sampling. While the prerequisite test uses the normality test with the Kolmogorov Smirnov technique. The data analysis technique used is a product-moment correlation and simple linear regression using the SPSS 20 application.

The results showed that imported cosmetics have a fairly strong relationship with domestic cosmetic income, this is based on the product-moment correlation coefficient which is equal to 0.486> 0.455 where rcount> rtable. Based on the results of the simple regression equation is Y = 21,378 + 0,365X. Also obtained Sig. 0.006 which means there is a significant relationship. Simple linear regression test shows the coefficient of determination 0.236, which means the effect of imported cosmetics on domestic cosmetics revenue is 23%. A tcount of 2.994 is also obtained which is greater than ttable of 1.669 so it can be concluded that imported cosmetics significantly affect domestic cosmetics income.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kosmetik Impor; Pendapatan ; Penjualan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 05 Jun 2020 04:56
Last Modified: 05 Jun 2020 04:56
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2379

Actions (login required)

View Item View Item