Analisis gaya belajar Bobbi Deporter pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam siswa kelas XI Madrasah Aliyah Raudhatul Jannah Palangka Raya

Sapitri, Suci Aprioni Dwi (2019) Analisis gaya belajar Bobbi Deporter pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam siswa kelas XI Madrasah Aliyah Raudhatul Jannah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Suci Aproni Dwi Sapitri-1401111852.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penulis menemukan hal menarik,didalam kelas ada siswa yang memperhatikan guru di depan dengan serius sambil aktif bertanya ada juga siswa yang berdiskusi dengan teman disebelahnya dan ada juga siswa yang diam sambil meggambar atau mencoret-coret kertas yang berada diatas mejanya, hanya sedikit yang memperhatikan dengan serius. Artinya setiap siswa mempunyai gaya belajar yang berbeda dalam menerima informasi dari guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana gaya belajar yang digunakan oleh siswa kelas XI Madrasah Aliyah Raudhatul Jannah Palangka Raya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (2) Gaya belajar manakah yang dominan digunakan oleh siswa kelas XI Madrasah Aliyah Raudhatul Jannah Palangka Raya. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan gaya belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah Raudhatul Jannah Palangka Raya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (2) Untuk mendeskripsikan gaya belajar yang dominan digunakan oleh siswa kelas XI Madrasah Aliyah Raudhatul Jannah Palangka Raya.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif desktiptif. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman, Tahap pengumpulan: reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Peneliti menggunakan trianggulasi sumber untuk memperoleh keabsahan data.

Hasil penelitian menunjukkan gaya belajar yang digunakan siswa kelas XI Madrasah Aliyah bervariasi ada gaya belajar kinestetik: banyak melakukan aktivitas, gaya belajar visual: belajar dengan mencatat topik-topik penting yang dituliskan oleh guru, gaya dan belajar auditori: belajar dengan mencatat apa yang dijelaskan oleh guru. Gaya belajar yang dominan digunakan siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI Madrasah Aliyah Raudhatul Jannah Palangka Raya diataranya: (1) gaya belajar kinestetik ada 5 orang (2) gaya belajar visualis ada 2 orang, (3) gaya belajar auditori ada 2 orang.

ABSTRACT

The writer finds it interesting, in the class there are students who pay attention to the teacher in front seriously while actively asking questions, there are also students who discuss with friends next to him and there are also students who are silent while drawing or scribbling paper on their desk, only a few who pay attention seriously. This means that each student has a different learning style in receiving information from the teacher. The formulation of the problem in this study are (1) how the learning style used by students of class XI Raudhatul Jannah Aliyah Palangka Raya in the subject of Islamic Cultural History (2) which learning style is dominantly used by students class XI Madrasah Aliyah Raudhatul Jannah Palangka Raya. This study aims (1) to describe the learning style of XI grade students of Raudhatul Jannah Aliyah Palangka Raya in the subject of Islamic Cultural History (2) to describe the dominant learning style used by students of XI class of Madrasah Aliyah Raudhatul Jannah Palangka Raya.

The type of this research is descriptive qualitative research. Data collection is carried out through observation, interviews, and documentation. Data analysis using data analysis techniques Miles and Huberman models, Stage collection: reduction, presentation, and conclusions. Researchers use source triangulation to obtain data validity.

The results showed the learning styles used by students of class XI Madrasah Aliyah varied with kinesthetic learning styles: lots of activities, visual learning styles: learning the important topics explained by the teacher, auditory learning styles and: by noting what was explained by the teacher. The dominant learning style used by students in the subjects of Islamic Cultural History class XI Madrasah Aliyah Raudhatul Jannah Palangka Raya among them: (1) kinesthetic learning style there are 5 people (2) visualist learning styles there are 2 people, (3) auditory learning styles there are 2 people.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar; Analisis; Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 20 May 2020 03:42
Last Modified: 20 May 2020 03:42
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2321

Actions (login required)

View Item View Item