Pengelolaan kelas pada pelajaran PAI kelas IV di SDIT Al-Qonita Palangka Raya

Ulfah, Ramdhania (2019) Pengelolaan kelas pada pelajaran PAI kelas IV di SDIT Al-Qonita Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Ramdhania Ulfah-1221111653.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari adanya permasalahan-permasalahan yang terjadi di dalam kelas. Keterampilan mengelola kelas sangat diperlukan bagi seorang guru agar suasana kelas menjadi lebih menyenangkan lebih terstruktur supaya tercapai pembelajaran yang efektif.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola kelas secara represif dan preventif serta mengelola kelas dari faktor fisik di SDIT Al-Qonita Palangkaraya dan mendekripsikan pengelolaan fisik kelas di SDIT Al-Qonita Palangkaraya.

Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang SDIT Al-Qonita Palangkaraya. Adapun menjadi subjek penelitian ini adalah guru kelas dan objeknya adalah pengelolaan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun untuk menguji pengabsahan data menggunakan Trianggulasi data.

Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) keterampilan mengelola kelas adalah: (a) keterampilan preventif yaitu guru yang bergerak mendekati siswa dalam menjelaskan pelajaran membuat siswa merasa diperhatikan secara kelompok maupun individu, (b) keterampilan represif yaitu guru mampu mengatasi masalah maupun gangguan yang terjadi secara positif agar tidak terjadi secara berulang-ulang 2) pengelolaan kelas dari faktor fisik adalah: (a) pengaturan ruang kelas yang berukuran 7 x 6 meter, (b) pengaturan tempat duduk yang diatur dengan 1 baris tengah menghadap ke papan tulis, 1 baris kanan dan 1 baris kiri yang menghadap ke tengah, hal ini disesuaikan karena ukuran kelas yang tidak terlalu besar, (c) penyimpanan barang-barang digunakan sebuah rak di pojok kanan kelas dan rak sepatu di luar kelas, (d) ventilasi dan pencahayaan yang masuk ke dalam kelas sesuai dengan standart yakni tidak menyilaukan dan udara yang masuk cukup segar..

ABSTRACT

This research departs from the existence of problems that occur in the classroom. Classroom management skills are very necessary for a teacher so that the classroom atmosphere becomes more fun, more structured so that effective learning is achieved.

The purpose of this study was to describe the teacher's skills in managing the class in a repressive and preventive manner and to manage the class of physical factors at SDIT Al-Qonita Palangkaraya and describing the physical management of the class at SDIT Al-Qonita Palangkaraya.

To achieve the above objectives, qualitative research was used by taking the background of SDIT Al-Qonita Palangkaraya. The subject of this research is the classroom teacher and the object is classroom management. Data collection is done by interview, observation, and documentation. As for testing the validity of the data using Trianggulasi data.

The results of this study indicate that: 1) classroom management skills are: (a) preventive skills namely teachers who move closer to students in explaining lessons make students feel cared for in groups and individuals, (b) repressive skills namely teachers are able to overcome problems and disorders that occur positively so as not repeatedly. 2) management of classes from physical factors are: (a) arrangement of classrooms measuring 7 x 6 meters, (b) seating arrangements arranged with 1 center row facing the board, 1 row right and 1 left row facing center, this is adjusted because the class size is not too large, (c) storage of goods is used a shelf in the right corner of the class and shoe rack outside the class, (d) ventilation and lighting that goes into the class is in accordance with the standard which is not dazzling and the air entering is quite fresh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mata Pelajaran PAI; Pengelolaan Kelas
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 19 May 2020 04:43
Last Modified: 19 May 2020 04:43
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2319

Actions (login required)

View Item View Item