Hasanah, Nurlaila (2019) Penggunaan media pembelajaran dalam mata pelajaran al qur’an hadits di MA Thalabul Irsyad Kabupaten Kapuas. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Nurlaila Hasanah-121111574.pdf Download (1MB) |
Abstract
Mata pelajaran Al Qur’an Hadits memiliki pokok bahasan dan materi sangat luas sehingga diperlukan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar supaya murid tidak bosan dan jenuh mendengarkan penjelasan guru dengan metode ceramah tanpa adanya bantuan media pembelajaran.. Al Qur’an Hadits merupakan bidang studi yang banyak menggunakan media pembelajaran. Lengkap tidaknya media yang tersedia dapat berpengaruh dalam proses belajar mengajar, bahkan bisa menjadi suatu hambatan dalam pencapaian tujuan pembelajaran, oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penggunaan media pembelajaran dalam mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MA Thalabul Irsyad Kabupaten Kapuas. (2) Apa saja kendala yang dialami pada penggunaan media pembelajaran dalam mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MA Thalabul Irsyad Kabupaten Kapuas.Tujuan penelitian ini untuk : (1) Mengetahui penggunaan media pembelajaran dalam mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MA Thalabul Irsyad Kabupaten Kapuas. (2) Mengetahui kendala yang dialami pada penggunaan media pembelajaran dalam mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MA Thalabul Irsyad Kabupaten Kapuas.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Al Qur’an Hadits dan objek penelitian ini penggunaan media pembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data digunakan dalam pengecekan keabsahan data.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data yang diperoleh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penggunaan media pembelajaran dalam mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MA Thalabul Irsyad Kabupaten Kapuas yang digunakan oleh guru mata pelajaran Al Qur’an Hadits masih sangat kurang dan belum sesuai materi pelajaran, karena tidak mengacu kepada RPP dan silabus. (2) Kendala yang dialami pada penggunaan media pembelajaran dalam mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MA Thalabul Irsyad Kabupaten Kapuas adalah terbatasnya media pembelajaran yang tersedia dan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran masih kurang bervariasi.
ABSTRACT
The Qur'anic Hadith subjects have a very broad subject and material so that learning media are needed in the teaching and learning process so students do not get bored and bored listening to teacher explanations with the lecture method without the help of learning media. The Qur'an Hadith is a field of study many use learning media. Whether or not complete available media can be influential in the teaching and learning process, it can even become an obstacle in achieving learning goals, therefore researchers are interested in conducting this research. The formulation of the problem in this study are: (1) How is the use of learning media in Al Qur'an Hadith subjects at the MA Thalabul Irsyad Kapuas Regency. (2) What are the obstacles experienced in the use of learning media in Al Qur'an Hadith subjects at the MA Thalabul Irsyad Kapuas Regency.The purpose of this study is to: (1) Know the use of instructional media in Al Qur'an Hadith subjects at the MA Thalabul Irsyad Kapuas Regency. (2) Knowing the obstacles experienced in the use of learning media in Al Qur'an Hadith subjects at the MA Thalabul Irsyad Kapuas Regency.
This study used a qualitative descriptive method. Subjects in this study were Al-Qur'an Hadith subject teachers and the objects in this study were the use of instructional media. The instruments used were observation and interviews. Data collection techniques used were observation, interviews and documentation. The data validation technique is used to check the validity of the data. The data analysis technique used in this study is data collection, data reduction, data presentation and verification of data obtained.
The results of the study show that: (1) The use of learning media in the Qur'anic Hadith subjects in the MA Thalabul Irsyad Kapuas Regency used by teachers of Al-Qur'an Hadith subjects is still very lacking and has not matched the subject matter, because it does not refer to RPP and syllabus. (2) Constraints experienced in the use of learning media in the Qur'anic Hadith subjects at the MA Thalabul Irsyad in Kapuas Regency are the limited available learning media and the ability of teachers to use instructional media is still not varied.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; Al Qur'an Hadits |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 19 May 2020 04:23 |
Last Modified: | 19 May 2020 04:23 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2318 |
Actions (login required)
View Item |