Perbandingan model pembelajaran kooporatif tipe CIRC (Cooporatif Integrated Reading And Composition) dan PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar siswa pada materi tokoh- tokoh ilmuan dan ulama muslim pada masa abbasiyah di kelas VIII di MTSN 2 Palangka Raya

Wandiannor, Wandiannor (2019) Perbandingan model pembelajaran kooporatif tipe CIRC (Cooporatif Integrated Reading And Composition) dan PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar siswa pada materi tokoh- tokoh ilmuan dan ulama muslim pada masa abbasiyah di kelas VIII di MTSN 2 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Wandiannor-1211111609.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang (1) Bagaimana hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe CIRC Pada siswa kelas VIII MTsN 2 Palangkaraya. (2)Bagaimana hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe PBL Pada siswa kelas VIII MTsN 2 Palangkaraya. (3) Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan model pembelajaran kooperatif tipe PBL Pada siswa kelas VIII MTsN 2 Palangkaraya. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui hasil belajar SKI pada materi tokoh-tokoh ilmuan dan ulama muslim pada masa Abbasiyah melalui model pembelajaran kooperatif tipe CIRC Pada siswa kelas VIII MTsN 2 Palangkaraya. (2) Mengetahui hasil belajar SKI pada materi tokoh-tokoh ilmuan dan ulama muslim pada masa Abbasiyah melalui model pembelajaran kooperatif tipe PBL Pada siswa kelas VIII MTsN 2 Palangkaraya. (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa SKI pada materi tokoh-tokoh ilmuan dan ulama muslim pada masa Abbasiyah melalui model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan PBL Pada siswa kelas VIII MTsN 2 Palangkaraya.

Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif. Populasi dalam pnelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Palangka Raya. Sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu.

Hasil penelitian yang diperoleh (1) Hasil belajar SKI siswa kelas Eksperimen I di MTsN 2 Palangka Raya yang diajar dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC tergolong tinggi dengan nilai rata-rata 75,5. (2) Hasil belajar SKI siswa kelas Eksperimen II di MTsN 2 Palangka Raya yang diajar dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe PBL tergolong tinggi dengan nilai rata-rata 78,9. (3) Hasil perhitungan menggunakan SPSS 16.0 for window diperoleh uji t yaitu diperoleh Asymp. Sig.(2-tailed) sebesar 0,114, karena Asymp. Sig.(2-tailed) > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai post-test hasil belajar siswa antara kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II setelah pembelajaran. Pencapaian hasil belajar siswa kelompok eksperimen I yang diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe CIRC dengan hasil belajar kelas eksperimen II yang diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe PBL yakni sama-sama pada kriteria 70-80 dengan keterangan tinggi.

ABSTRACT

This study discusses (1) How the learning outcomes of students who are taught using cooperative type CIRC models In class VIII MTsN 2 Palangkaraya. (2) How are the learning outcomes of students who are taught using a cooperative type PBL model In class VIII MTsN 2 Palangkaraya. (3) Is there a difference in student learning outcomes using the CIRC type cooperative learning model with the PBL cooperative learning model in class VIII MTsN 2 Palangkaraya. The purpose of this study was (1) to find out the results of learning SKI on the material of scientific figures and Muslim scholars in the Abbasid period through the CIRC type cooperative learning model for the eighth grade students of Palangkaraya MTsN 2. (2) Knowing the results of learning SKI on the material of scientific figures and Muslim scholars in the Abbasid period through the PBL cooperative learning model In class VIII MTsN 2 Palangkaraya. (3) To find out the differences in learning outcomes of SKI students in the material of scientific figures and Muslim scholars in the Abbasid period through the cooperative learning model type CIRC with PBL In class VIII MTsN 2 Palangkaraya.

This type of research is comparative research. The population in this study were all eighth grade students of Palangka Raya MTsN 2. The sample of this study used purposive sampling, namely the technique of sampling data sources with certain considerations.

The results of the study were obtained (1) SKI learning outcomes of Experiment I class students at Palangka Raya 2 MTsN taught by using the CIRC type cooperative learning model which is high with an average value of 75.5. (2) SKI learning outcomes of Experimental II students at Palangka Raya 2 MTsN taught by using PBL cooperative learning models classified as high with an average score of 78.9. (3) The results of calculations using SPSS 16.0 for window obtained by the t test are obtained by Asymp. Sig. (2-tailed) of 0.114, because of Asymp. Sig. (2-tailed)> 0.05 then Ho is accepted and Ha is rejected, which means there is no significant difference in the post-test scores of student learning outcomes between experimental class I and experimental class II after learning. Achievement of student learning outcomes in the experimental group I who were taught by using the cooperative model type CIRC with the learning outcomes of the experimental class II taught by using the PBL cooperative model that is both on criteria 70-80 with a high description

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran;Hasil Belajar Siswa;CIRC;PBL
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 05 May 2020 02:49
Last Modified: 05 May 2020 02:51
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2270

Actions (login required)

View Item View Item