Studi analisis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan metode Iqro dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 2 Pulang Pisau

Fatimah, Siti (2019) Studi analisis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan metode Iqro dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 2 Pulang Pisau. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Abstrak Siti Fatimah.pdf

Download (723kB)
[img] Text
Isi Tesis Siti Fatimah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Siswa-siswi yang masih terbata-bata dalam membaca Al-Qur’an
merupakan problematika yang cukup besar bagi lembaga pendidikan, terutama bagi lembaga pendidikan Islam. Keterbatasan tersebut tentunya sangat berpengaruh pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Oleh karena itu, salah satu
lembaga pendidikan Islam yang menyiasati problematika tersebut yaitu MTsN 2 Pulang Pisau dengan cara melaksanakan program pembelajaran Iqro yang dilaksanakan empat kali dalam satu minggu. Berdasarkan gambaran masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini tidak lepas dari rumusan masalahnya yaituuntuk menganalisis: 1) faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan metode Iqro dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits di MTsN 2 Pulang Pisau; 2) kemampuan baca Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits setelah mengikuti pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Iqro.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dan dalam pembahasannya menggunakan metode deskriptif analitik. Teknik penggalian data dilakukan dengan wawancara kepada pembimbing Iqro; guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits; dan kepala sekolah sebagai key informant; observasi kelas
pembelajaran Iqro; dan dokumentasi yang dipertajam dengan triangulasi metode.

Hasil penelitian ini yaitu: 1) faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi a) minat; ada minat yang tinggi sehingga siswa selalu mengikuti program pembelajaran Iqro terus-menerus, b) intelegensi; siswa yang memiliki
prestasi akademik yang terbukti dengan mudah mengikuti pembelajaran Iqro, namun bukan menjadi satu-satunya patokan yang menyebabkan keberhasilan dalam belajar, dan c) kesiapan siswa; dibuktikan dengan antusias mengantisipati secara fisik dan mental maupun perlengkapan seperti buku Iqro dan kartu prestasi siswa. Sedangkan faktor eksternal meliputi: a) kemampuan guru dalam membaca Al-Qur’an, dibuktikan dengan pengalaman mengajar pembimbing Iqro dengan meningkatkan kualitas bacaan Iqro siswa. b) alokasi waktu, dibuktikan dengan cara mempermudah siswa dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an ketika pembelajaran Iqro berlangsung; c) sarana prasarana, ketersediaan yang memadai guna mendukung berlangsungnya pembelajaran Iqro. 2) penggunaan metode Iqro mampu meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an siswa pada semester II, dibuktikan dengan meningkatnya nilai tilawah ayat siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.

ABSTRACT

Students who are still stammering in reading the Qur'an are quite large problems for educational institutions,especially for Islamic education institutions. These limitations affect the subjects of the Qur'an Hadith. Therefore, one of the Islamic education institutions that anticipated the problem was MTsN 2 Pulang Pisau by implementing an Iqro learning program which was held four times a week. Based on the review of the problem, the purpose of this study cannot be
separated from the formulation of consideration, namely to analyze: 1) Factors that influence the use of the Iqro method in improving the student's ability to read
Al-Qur'an on Al-Qur'an hadith subjects at MTsN 2 Pulang Pisau; 2) The student's ability to readAl-Qur'an in the Al-Hadith subjects after participating in the Al-
Qur'an learning program by using the Iqro method.

This research is a qualitative researching which the discussion uses descriptive analytical methods. The data collective techniques are carried out by interviewing the Iqro preceptor; teacher of Al-Qur'an Hadits; and the principal as a key informant; observation of Iqro learning class; and documentation that is sharpened by triangulation methods.

The results of namely: 1) internal and external factors. Internal factors include a) interest; there is a high interest, it makes the students always follow the Iqro learning program continuously, b) intelligence; students who have academic achievements are proven to be able to easily attend Iqro learning program, but it is not the only benchmark that causes success in learning, and c) student readiness;

this is evidenced by physical and mental anticipation, as well as equipment such as Iqro books and student achievement cards. External factors include: a) teacher's ability to read Al-Qur'an, this is evidenced by the experience of teaching Iqro preceptor in improving the quality of reading Iqro students. b) time allocation, this can be proven by making it easier for students to improve their Al-Qur'an reading skills when Iqro learning takes place; c) facilities and infrastructure, the availability of adequate facilities and infrastructure to support the ongoing Iqro learning program. 2) the use of the Iqro method is able to improve the students ability in reading Al-Qur'an in the second semester, this could be evidenced by the increasing of the students' mark in tilawah on the Qur'an Hadits subjects.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode iqro'; Baca Al-Qur'an
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 05 May 2020 04:19
Last Modified: 05 May 2020 05:04
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2268

Actions (login required)

View Item View Item