Penerapan metode role playing dalam pembelajaran tematik tema 2 sub tema 2 kelas iv SDN 4 Panarung Palangka Raya

Mukbitin, Muhammad Rasyid (2019) Penerapan metode role playing dalam pembelajaran tematik tema 2 sub tema 2 kelas iv SDN 4 Panarung Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Muhammad Rasyid Mukbitin-1501170025.pdf

Download (695kB)

Abstract

Seorang guru hendaknya menggunakan suatu metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung, terlebih sudah menggunakan kurikulum K13. Di SDN 4 Panarung sudah menggunakan kurikulum K13 dan sudah memasuki pembelajaran tematik dan menuntut siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Hanya saja dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode
ceramah dan tanya jawab, sehingga siswa tidak terlalu aktif dalam kegiatan pembelajaran kecuali disesi tanya jawab. Siswa pun menjadi bosan, banyak siswa
yang tidak memperhatikan penjelasan guru, asik bermain sendiri saat pembelajaran.

Beranjak dari latar belakang tersebut penulis mengadakan penelitian dengan
rumusan masalah yaitu (1) bagaimana penerapan metode Role Playing dalam
memerankan tokoh drama siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SDN 4
Panarung Palangka Raya? (2) Apa faktor yang mempengaruhi metode Role Playing
dalam pembelajaran tematik kelas IV SDN 4 Panarung Palangka Raya? adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan penerapan metode Role Playingpada pembelajaran tematik. (2) untuk mendeskripsikan apa saja faktor yang
mempengaruhi penerapan metode Role Playing pada pembelajaran tematik.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang digali melalui data-data obsevasi, wawancara dan dokumentasi.Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa, Sedangkan hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode Role Playing dalam memerankan tokoh drama pada pembelajaran tematik dapat membantu guru dalam menilai kompetensi yang dimiliki siswa serta membuat siswa lebih aktif dan senang saat mengikuti pembelajaran. (2) Penerapan metode Role Playing pada pembelajaran tematik ini juga
memiliki faktor yang mempengaruhi proses pembelajaranya, meliputi : Guru, terkadang guru melakukan hal yang tidak tertulis di RPP dan guru tidak melakukan yang sudah di tulis di RPP untuk meminimalisir hal ini guru selalu membawa RPP. Siswa, masih ada beberapa siswa yang belum lancar membaca dan masih belum lancar menulis, dan Prasarana yang dimiliki sekolah kurang memadai untuk menerapkan metode Role Playing ini.

ABSTRAK

A teacher should use a learning method that involves students directly,especially if they have entered the K13 curriculum. At SDN 4 Panarung already using K13 curriculum and has entered into thematic learning and requires students to be more active in the learning process. It's just that in learning the teacher only uses the
lecture and question and answer method, so students are not too active in learning
activities except the question and answer session. Students become bored, many students do not pay attention to the teacher's explanation, cool playing alone when learning.

Moving from this background the authors conducted research with the formulation of the problem, namely (1) how the application of the Role Playing method in playing the role of student drama in the thematic learning of class IV SDN 4 Panarung Palangka Raya. (2) What factors influence the Role Playing method in the
thematic learning of class IV SDN 4 Panarung Palangka Raya, while the purpose of this study is (1) to describe the application of Role Playing method in thematic learning. (2) to describe what factors influence the application of the Role Playing method in thematic learning. This research uses descriptive qualitative method which was dug through observation data, interviews and documentation.

The results of research: (1) The application of the Role Playing method in
playing drama characters in thematic learning can help teachers assess the
competencies of students and make students more active and happy when participating in learning. (2) The application of the role playing method in thematic learning also has factors that influence the learning process, including: Teachers,
sometimes teachers do things that are not written in the lesson plans and teachers do not do what they have written in lesson plans to minimize this. Teachers always carry lesson plans . Students, there are still some students who are not fluent in reading of course and are still not fluent in writing, and the infrastructure owned by the school is inadequate to implement this role playing method.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Role Playing
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 16 Apr 2020 07:46
Last Modified: 16 Apr 2020 07:46
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2182

Actions (login required)

View Item View Item