Apriyani, Rafi'ah Dwi (2019) Pengembangan modul berorientasi POE (Predict, Observe,Explain) terintegrasi keislaman pada materi pencemaran kelas VII MTs Darul Amin Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Rafi'ah Dwi Apriyani-1501140417.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul, mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan modul berorientasi POE terintegrasi keIslaman materi pencemaran kelas VII MTs Darul Amin Palangka Raya. Modul yang dikembangkan dilengkapi dengan integrasi nilai-nilai keislaman yang bertujuan agar peserta didik dapat memahami bahwa ilmu pengetahuan bersumber pada Al-Qur’an dan menanamkan pengetahuan kepada peserta didik agar menghindari prilaku pencemaran.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan pengembangan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.
Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli desain, ahli integrasi keIslaman dan ahli pembelajaran IPA terhadap modul diperoleh pada ahli materi 80%, ahli desain 80%, ahli integrasi keIslaman 82% dan ahli pembelajaran IPA 80%. Kelayakan modul berdasarkan uji kelompok kecil dengan peserta didik 9 orang mendapatkan skor kepraktisan 88,77% dengan kriteria sangat baik dan pada uji lapangan yang diperoleh skor kepraktisan 89,71% dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa peserta didik yang belajar dengan menggunakan modul berorientasi POE terintegrasi keIslaman materi pencemaran memiliki nilai rata-rata N-gain 0,71 dengan kriteria tinggi. Sehingga berdasarkan data penelitian tersebut, modul yang dikembangkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik dan layak digunakan.
ABSTRACT
The purpose of this study was to describe the module, describing validity, practicality and effectiveness of the islamic integrated POE-oriented modules pollution material at class VII MTs Darul Amin Palangkaraya. The modules developed are equipped with the integration of the values of Islam that aims to make learners able to understand that science is rooted in the Qur’an and to impart knowledge to the learners in order to avoid the behavior of the pollution.
The research uses ADDIE development model that consists of 5 stages of development, they are Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation.
Based on the validation results material expert, design expert, Islamic integration expert and science learning expert of module obtained to material expert 80%,design expert 80%, Islamic integration expert 82% and science learning expert 80%. Module feasibility based on small group of 9 learners get an average score of 88.77% with high criteria and on field tests conducted by 24 learners obtained a score of 89.71% with high criteria. The results also showed that students who learn to use the module on Islamic-oriented integrated POE contamination material has an average value of N-gain of 0.71 with high criteria.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul;Berorientasio POE; Terintegrasi Keislaman |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 06 Apr 2020 12:17 |
Last Modified: | 27 Feb 2021 03:12 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2142 |
Actions (login required)
View Item |