Pengaruh Penerapan Media Kancing Genetika Berbasis Inquiri Materi Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa di Kelas IX Semester I MTs Darul Ulum Palangka Raya

Sartini, Sartini (2014) Pengaruh Penerapan Media Kancing Genetika Berbasis Inquiri Materi Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa di Kelas IX Semester I MTs Darul Ulum Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak (SR).pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I pendahuluan (SR).pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Kajian (SR).pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Metode (SR).pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Hasil (SR).pdf

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Penutup (SR).pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi diperoleh data bahwa proses belajar mengajar di MTs Darul Ulumpara guru IPA masih menggunakan metode konvensional, guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar sendiri dan mengembangkan bakat yang dimiliki karena siswa hanya mengharap trasnfer ilmu dari guru.Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengetahuipenggunan media kancing genetika berbasis inquiri materi pewarisan sifat pada makhlik hidup di MTs Darul Ulum Palangka Raya terhadap kemandirian belajar siswa; (b) untuk mengetahui pengaruh penerapan media kancing genetika berbasis inquiri materi pewarisan sifat pada makhlik hidup di MTs darul Ulum Palangka Raya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini telah dilakukan pada siswa kelas IX MTs Darul Ulum Palangka Raya yang berjumlah 74 siswateknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Purposive sampling.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah quasi eksperimen. Pengumpulan data, penelitian ini menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Adapun teknik yang digunakan untuk menganalisa data penulis menggunakan beberapa rumus, antara lain: Rating scale digunakan untuk mengukur kemandirian belajar siswa, Anova digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kancing genetika terhadap hasil belajar, dan N-Gain digunakan untuk mengukur peningkatan hasil belajar.
Hasil penelitian ini adalah: kemandirianbelajar siswa keseluruhan berjumlah 75,71% (kuat) kemandirian siswanya baik. Untuk hasil belajar siswa kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional dan eksperimen menggunakan media kancing genetika berbasis inquiri menunjukan perbedaan nilai rerata, Nilai pretes pada pada kelas kontrol sebesar 37,66 (tidak tuntas) sedangkan kelas eksperimen sebesar 35,23 (tidak tuntas). Selanjutnya dilihat dari peningkatan nilai hasil belajar belajar siswa dari postest, skor pada kelas kontrol sebesar 66,94 (tuntas) sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 75,32 (tuntas).

English
Based on the observation, it is obtained the data that the process of teaching larning at MTs Darul Ulum, all the Natural Science Teacher uses conventional method. The techer do not give less opportunity to the students to learn by themselves and develop their talents because the students only hope to get the transfer of knowledge from the teachers. The study in intented to kwow (a) the uses of genetic button inquiry based in the topic of inheriting the characters in living creatures toward the learning outcomes of the students of class IX MTs Darul Ulum Palangka Raya,.(b)to know the effect of implementation of genetic button inquiry based in the topic of inheresting the characters in living creatures toward the learning outcomes of the students of class IX of MTs Darul Ulum Palangka Raya. The study is conducted to the students of class IX of MTs Darul Ulum Palangka Raya wich amounts to 74 students, and the technique that used in taking of this research is purposive sampling.
The study uses quantitative and it is classified as quasi experiment. The data collection is done through test, questionnaire and document. The techniques of data analysis, the writer uses some formulas; rating scale is used measure the independence of the students, anova is used to know the influence of genetic button inquiry based in the topic of inheriting the characters in living creatures toward the learning outcomes of the students.
The results of the study: the indevendence of the whole students which consisting of 75,71% (strong) is good. The learning outcome of the students in control class using convensional and experiment learning using genetic button inquiry indicate the difference in average score. The score pretest in control class is 37,66 (fail), and the score pretest in experiment class is 35,23 (fail). Furthermore, from the improvement of the learning outcomes of the students in posttest, the score in control class is 66,94 (successful) and inexperiment class is 75,32 (successful).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 23 Sep 2016 09:27
Last Modified: 23 Sep 2016 09:27
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/212

Actions (login required)

View Item View Item