Perbandingan keterampilan proses sains menggunakan model pembelajaran berbasis masalalah dan pembelajaran berbasis proyek pada materi pokok pencemaran lingkungan peserta didik kelas VII SMPN 1 Muara Teweh

Ibrahim, Aresa Okta (2019) Perbandingan keterampilan proses sains menggunakan model pembelajaran berbasis masalalah dan pembelajaran berbasis proyek pada materi pokok pencemaran lingkungan peserta didik kelas VII SMPN 1 Muara Teweh. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Aresa Okta Ibrahim- 1401140399.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari kondisi pembelajaran SMPN 1 Muara Teweh relatif masih menunjukkan dalam pembelajarannya menggunakan metode konvesional. Metode konvesional tersebut belum dapat juga mengembangkan indikator keterampilan proses sains peserta didik seperti keterampilan komunikasi dan keterampilan bertanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan keterampilan proses sains peserta didik SMPN 1 Muara Teweh yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dan model pembelajaran berbasis proyek (PBP).

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains dengan menggunakan model PBM dan model PBP pada peserta didik kelas VII SMPN 1 Muara Teweh (2) Untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains dengan menggunakan model PBM pada Peserta didik kelas VII SMPN 1 Muara Teweh (3) Untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains dengan menggunakan model PBP pada Peserta didik kelas VII SMPN 1 Muara teweh.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Nonroundomized Control Group Pretest-Posttest Design. Pada desain ini kelompok tidak dilakukan secara acak, melainkan sesuai kelas yang ada. Data keterterapan diukur menggunakan lembar observasi dan dianalisis menggunakan skala Guttman. Keterampilan proses sains dalam penelitian ini merupakan hasil tes kognitif dan hasil observasi selama proses pembelajaran. Data KPS meliputi: (1) mengamati, (2) memprediksi, (3) mengkomunikasikan, (4) menerapkan konsep, (5) menggunakan alat dan bahan, dan (6) menyimpulkan diambil dengan lembar observasi dan dianalisis dengan skala Likert. Data tes kognitif diperoleh menggunakan metode tes dan dianalisis dengan rumus N-gain.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) KPS peserta didik yang diajar dengan model PBM yaitu 73% berkategori baik, (2) KPS peserta didik yang diajar dengan model PBP yaitu 79% berkategori baik, dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan proses sains peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kontekstual PBP dengan model PBM pada materi pencemaran lingkungan peserta didik kelas VII SMPN 1 Muara Teweh.

ABSTRACT

This research is background from the learning condition of SMPN 1 Muara Teweh relatively still showed the conventional method on the learning. The conventional method has not developed the indicator of science process skill on the students like communication and asking skill. This research is aiming to know the comparison of science process skill of students SMPN 1 Muara Teweh that has given treatment with problem based learning and project based learning.

This research is aiming to: (1) to know the differences of science process skill using problem based learning (PBL) and project based learning (PjBl) on 7th grade students in SMPN 1 Muara Teweh. (2) to describe the science process skill using PBL on 7th grade students in SMPN 1 Muara Teweh. (3) to describe the science process skill using PjBl on 7th grade students in SMPN 1 Muara Teweh.

This research is using quantitative approach with Nonroudomized Control Group Pretest-Posttest research design. On this design, the group is not done randomly but according to the existing class. The application data is calculated using observation sheet and analysed using Guttman scale. The science process skil on this research are the results of cognitive tests and observations during the learning process. The data of science process skills include: (1) observe, (2) predict, (3) communicate, (4) applying the concept, (5) using tools and materials, and (6) conclude, that taken with with observation sheet and analysed with Likert scale. The cognitive test data obtained using test method and analysed using N-gain formula.

The results showed that: (1) students’s process skills science were taught with problem based learning (PBL) which were 73% good category, (2) students’s process skills taught with project based learning (PjBL) were 79% good, and (3) there were significant differences between students process skills science who are taught use PjBL contextual learning and PBL in the material of environmental pollution in 7th grade students in SMPN 1 Muara Teweh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses Sains; PBM
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 30 Mar 2020 05:42
Last Modified: 30 Mar 2020 05:42
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2106

Actions (login required)

View Item View Item