Pendekatan individual dan konstektual dalam pembelajaran PAI di SDIT Al – Furqon Palangka Raya

Minariah, Minariah (2019) Pendekatan individual dan konstektual dalam pembelajaran PAI di SDIT Al – Furqon Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Minariah-1221111656.pdf

Download (3MB)

Abstract

Seorang pendidik harus pandai memilih metode dan teknik yang akan dipergunakan, dan teknik tersebut harus dapat memotivasi serta memberikan kepuasan bagi peserta didik agar prestasi belajarnya semakin meningkat. Untuk menjawab persoalan-persoalan tersebut perlu diterapkan suatu cara alternatif guna mempelajari PAI yang kondusif dengan suasana yang cenderung rekreatif sehingga memotivasi anak untuk mengembangkan potensi kreativitasnya. Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan pendekatan individual dan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran PAI.

Rumusan Masalah dalam Penelitian ini adalah sebagai berikut: (1).Bagaimana Pendekatan Individual dalam Pembelajaran PAI di SDIT Al Furqon Palangka Raya.(2.) Bagaimana Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran PAI di SDIT Al Furqon Palangka Raya.(3).Apa saja Faktor Pendukung dalam Pendekatan Individual dan Kontekstual di SDIT Al- Furqon Palangka Raya.(4).Apa saja Faktor Penghambat dalam Pendekatan Individual dan Kontekstual di SDIT Al- Furqon Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Instrumen yang digunakan adalah wawancara, dan observasi.Sumber Data subjek penelitian adalah Guru Pendidikan Agama Islam di SDIT Al- Furqon Palangka Raya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan kepada Guru PAI di sekolah SDIT AL – Furqon Palangka Raya dapat disimpulkan bahwa (1) Pendekatan Individual dalam pembelajaran PAI pada Kelas I,III dan VI guru lebih berperan aktif dalam menyampaikan pembelajaran PAI serta memberikan pembelajaran dan contoh yang mudah di pahami peserta didik agar pendekatan individual bisa tercapai dengan baik. (2). Pendekatan Kontekstual dalam pembelajaran PAI kelas I,III dan VI yaitu selain pemahaman peserta didik terhadap materi, guru juga sebagai contoh yang baik untuk peserta didiknya, contoh yang di ajarkan secara langsung di sekolah yaitu adanya kegiatan sholat dhuha dan Sholat Zuhur, adab sopan santun terhadap guru, adab ketika makan dan kebersihan diri maupun lingkungan sekolah.Serta guru lebih mengutamakan pembentukan karakter peserta didik. (3) Adapun faktor pendukung yaitu adanya sarana dan prasarana yang memadai, ruangan kelas yang nyaman dan adanya dukungan serta komunikasi yang baik antara guru dan orang tua peserta didik dalam mengembangkan pembelajaran anak. (4) Adapun Faktor Penghambat yaitu tidak ada minat atau semangat peserta didik.

ABSTRACT

An educator must be good at choosing the methods and techniques that will be used, and the technique must be able to motivate and provide satisfaction for the students so that their learning achievement increases. To answer these problems, an alternative method is needed to study PAI that is conducive to an atmosphere that tends to be recreational so it motivates children to develop their potential for creativity. One alternative that can be used is an individual approach and a contextual approach to PAI learning.

The formulation of the problem in this study are as follows: (1). How to Individual Approach in Learning PAI in SDIT Al Furqon Palangka Raya. (2.) How is the Contextual Approach in Learning PAI in SDIT Al Furqon Palangka Raya. Supporters in the Individual and Contextual Approach at SDIT Al-Furqon Palangka Raya. (4). What are the Obstacle Factors in Individual and Contextual Approaches at SDIT Al-Furqon Palangka Raya. This research uses descriptive qualitative method. The instruments used are interviews, and observations. Sources of research subject data are Islamic Education Teachers at SDIT Al-Furqon Palangka Raya. The data analysis technique used in this study is data collection, data reduction, data presentation and data verification.t.

The results showed that: From the results of observations and interviews conducted with PAI teachers at SDIT AL - Furqon Palangka Raya schools, it can be concluded that (1) Individual approaches in PAI learning in Class I, III and VI teachers play an active role in delivering PAI learning and provide learning and examples that are easily understood by students so that individual approaches can be achieved well. (2). The contextual approach in learning PAI classes I, III and VI is in addition to students' understanding of the material, the teacher is also a good example for their students, examples that are taught directly at school are the dhuha prayer activities and the midday prayer, adab teacher, adab when eating and personal hygiene and school environment. As well as teachers prioritize the formation of character of students. (3) The supporting factors are adequate facilities and infrastructure, comfortable classrooms and good support and communication between teachers and parents of students in developing children's learning. (4) The inhibiting factor is that there is no interest or enthusiasm of students.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI:; Pendekatan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 12 Feb 2020 04:33
Last Modified: 12 Feb 2020 04:33
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1898

Actions (login required)

View Item View Item