Penerapan metode Dril pada mata pelajaran PAI standar kompetensi Al-Qur'an Kelas IV di SDN-6 Pahandut Kota Palangka Raya

Annisa, Siti (2019) Penerapan metode Dril pada mata pelajaran PAI standar kompetensi Al-Qur'an Kelas IV di SDN-6 Pahandut Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Siti Annisa-1221111658.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan pada dasarnya adalah sebuahtransformasi pengetahuan menuju kearah perbaikan,dimana kemampuan siswa kelas IV di SDN-6 Pahandut masih tergolong rendah dari 9 siswa terdapat 5 siswa yang mampu membaca surah pendek dan 4 siswa tidak mampu membaca surah pendek yang terdapat pada mata pelajaran PAI. Berdasarkan penerapan metode drill pada pelajaran PAI standar kompetensi Al-Qur’an, yang harus di capai sesuai dengan indikator kajian surah Al-Fil yaitu : (1). Mengenal surah Al-Fil, (2). Lafal dan mufradat QS. Al-Fil, (3).Kandungan QS.Al-Fil, (4).Identifikasi Tajwid, 5).Belajar menulis. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :(1).Bagaimana penerapan metode drill pada mata pelejaran PAI stndar kompetensi Al-Qur’an kelas IV di SDN-6 Pahandut Kota Palangka Raya,(2).apa saja faktor penghambat metode drill pada mata pelajaran PAI standar kompetensi Al-Qur’an kelas IV di SDN-6 Pahandut kota Palangka Raya,(3).Apa saja faktor pendukung metode drill pada mata pelajaran PAI standar kompetensi Al-Qur’an kelas IV di SDN-6 Pahandut Kota Palangka Raya.

Metode penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan teknik analisis deskriftip, adapun yang dimaksud dengan metode drill adalah suatu cara penyajian bahan pelajaran pendidikan agama Islam dengan jalan melatih peserta didik secara berulang-ulang dan sungguh-sungguh dalam bentuk lisan, tulisan, maupun aktivitas fisik agar peserta didik memiliki ketangkasan atau keterampilan yang tinggi dalam menguasai bahan pelajaran. oleh karena itu langkah-langkah khusus agar penggunaan metode drill ini dapat berjalan sesuai dengan hasil pembelajaran PAI dan dapat mencapai hasil yang maksimal, adapun langkah metode drill tersebut adalah asosiasi, menyampaikan tujuan yang hendak dicapai, memotivasi peserta didik, melakukan latihan dengan pengulangan secara bertahap, aplikasi, evaluasi dan tindak lanjut.

(1). Penerapan metode drill Pada mata pelajaran PAI, materi kajian tentang surah Al-Fil siswa mampu mencapai indikator pembelajaran, pada tahap hafalan, siswa juga mampu menyambung bacaan ayat demi ayat,kerjasama antara siswa pun dapat terjalin dengan baik dimana siswa yang bisa membaca surah Al-Fil tersebut membantu temannya yang belum bisa membaca, metode lain yang digunakan dalam penerapan metode drill adalah metode :ceramah, tanya jawab, penugasan. (2) Faktor penghambat metode drill pada mata pelajaran PAI dimana siswa kelas IV di SDN-6 Pahandut yaitu susahnya membenarkan bacaan siswa sesuai dengan makhrojul huruf dengan baik.(3).Faktor pendukung metode Drill ini adalah merubah tulisan arab menjadi tulisan latin dimana tulisan latin tersebut dapat membantu siswa yang tidak bisa membaca Al-Qur’an. Dengan penerapan metode Drill ini siswa aktif siap siaga memperhatikan guru ketika melafalkan surah Al- Fil tersebut.

ABSTRACT

Education is basically a transformation of knowledge towards improvement, where the ability of fourth grade students at Pahandut SDN-6 is still relatively low of 9 students, there are 5 students who are able to read short suras and 4 students are unable to read short suras found on PAI subjects. Based on the application of the drill method on the PAI lessons in the Al-Qur'an competency standard, which must be achieved in accordance with the indicators of the Surah Al-Fil study, namely: (1). Get to know surah Al-Fil, (2). Pronounce and mufradat QS. Al-Fil, (3). Contents of QS.Al-Fil, (4). Tajweed Identification, 5). Learn to write. The formulation of the problem in this study are: (1). How to apply the drill method to the eyes of the fourth grade Al-Qur'an competency standard PAI in the Pahandut SDN-6 in Palangka Raya City, (2). class IV Al-Qur'an competency standard PAI lessons at Pahandut SDN-6 in Palangka Raya city, (3). What are the supporting factors for the drill method in the subjects of the fourth grade Al-Qur'an competency PAI in Pahandut SDN-6 Palangka City Kingdom.

This research method uses Qualitative methods with descriptive analysis techniques, while what is meant by the drill method is a way of presenting material on Islamic religious education by training students repeatedly and sincerely in the form of oral, written, and physical activity so that participants students have dexterity or high skills in mastering learning material. Therefore, special steps are taken so that the use of this drill method can run in accordance with the PAI learning outcomes and can achieve maximum results, while the drill method steps are associations, conveying the objectives to be achieved, motivating students, doing exercises with gradual repetition , application, evaluation and follow-up.

(1). Application of drill methods In PAI subjects, the study material about Al-Fil suras students is able to achieve learning indicators, in the memorization stage, students are also able to connect verse by verse reading, collaboration between students can be well established where students who can read surah Al-Fil The fil helps his friends who have not been able to read, other methods used in applying drill methods are methods: lectures, question and answer, assignments. (2) The inhibiting factor of the drill method on PAI subjects where the fourth grade students at Pahandut SDN-6 namely the difficulty of justifying student reading in accordance with the letters of the alphabet well. (3). latin can help students who cannot read the Qur'an. With the application of the Drill method, active students were prepared to pay attention to the teacher when reciting the Surah Al-Fil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Standar Kompetensi Al-Qur'an
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 12 Feb 2020 03:17
Last Modified: 12 Feb 2020 03:17
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1894

Actions (login required)

View Item View Item