Strategi bersaing dalam penetapan harga pada kuliner amanah mahasiswa IAIN Palangka Raya

Hermawati, Hermawati (2019) Strategi bersaing dalam penetapan harga pada kuliner amanah mahasiswa IAIN Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Hermawati - 1504120462.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini menjelaskan tentang strategi bersaing dalam penetapan harga pada Kuliner Amanah Mahasiswa IAIN Palangka Raya yang dilatarbelakangi oleh ketatnya persaingan didunia usaha makanan dan minuman pada saat ini, sehingga berlomba-lomba dalam persaingan yang bertujuan untuk menciptakan dan mempertahankan konsumen. Salah satu upaya mereka dalam mempertahankan pelanggan dengan cara menetapkan harga jual produk yang sebaik-baiknya, karena harga merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pemasaran. Penelitian ini berfokuskan pada tiga rumusan masalah yaitu; 1) Bagaimana langkah-langkah dalam penetapan harga pada Kuliner Amanah Mahasiswa IAIN Palangka Raya; 2) Bagaimana strategi dalam penetapan harga pada Kuliner Amanah Mahasiswa IAIN Palangka Raya; dan 3) Bagaimana konsep harga dalam perspektif ekonomi Islam pada Kuliner Amanah Mahasiswa IAIN Palangka Raya.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah owner Kuliner Amanah dua orang dan informan yaitu konsumen Kuliner Amanah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber dengan mengumpulkan data dan informasi sejenis dari berbagai sumber yang ada.
Hasil analisis ini adalah; 1) Langkah-langkah dalam penetapan adalah untuk mencari keuntungan dan agar usaha Kuliner Amanah dapat bertahan (berkelanjutan) dari waktu ke waktu; 2) Strategi penetapan harga yang digunakan adalah startegi penetrasi, yaitu memberikan harga yang rendah untuk menyamakan harga pasaran; dan 3) Penetapan harga di Kuliner Amanah telah sesuai dengan konsep harga dalam perspektif ekonomi Islam, karena menerapkan ijab dan kabul, mengambil keuntungan sesuai dengan yang syariatkan dalam Islam, larangan ikhtikar (penimbunan), dan prinsip keadilan.

ABSTRACT

This thesis research explains about the competitive strategy in determining the price of the Palangka Raya IAIN Student Culinary Mandate is motivated by the intense competition in the world of food and beverage business at the moment, so that competing in competition aims to create and retain consumers. One of their efforts in retaining customers is by setting the best selling price for the product, because price is one of the most important parts in marketing. This research focuses on three problem formulations namely; 1) What are the steps in pricing in the Palang Raya IAIN Student Trust Food Cuisine; 2) What is the strategy in pricing in the Culinary Mandate of IAIN Students Palangka Raya; and 3) What is the concept of price in the perspective of Islamic economics in the Palawan Raya IAIN Students' Culinary Trust.
This research is a field research using descriptive qualitative research methods. The subjects of this study are the two people of Culinary Trustworthy owners and informants namely consumers of the Culinary Trustworthy. Data collection techniques in this study used observation, interview, and documentation techniques. The data validation technique uses source triangulation by collecting data and similar information from various existing sources.
The results of this analysis are; 1) The steps in the determination are to seek profit and so that the Trustworthy Culinary business can survive (sustainable) from time to time; 2) The pricing strategy used is a penetration strategy, which provides a low price to equalize the market price; and 3) Pricing in the Trustworthy Culinary is in accordance with the concept of prices in the perspective of Islamic economics, because applying consent and Kabul, taking advantage in accordance with the requirements of Islamic, the prohibition of ikhtikar (hoarding), and the principle of justice.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Ekonomi; Harga
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 06 Feb 2020 04:37
Last Modified: 18 Feb 2020 01:46
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1866

Actions (login required)

View Item View Item