Strategi BNI Syariah dan Bank Syariah Mandiri Palangka Raya dalam menarik minat nasabah haji

Sari, Dewi Anggita (2019) Strategi BNI Syariah dan Bank Syariah Mandiri Palangka Raya dalam menarik minat nasabah haji. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Dewi Anggita Sari-1504110029.pdf

Download (3MB)

Abstract

Melonjaknya jumlah calon jamaah haji setiap tahun khususnya di kotaPalangka Raya membuat PT. Bank BNI Syariah dan PT. Bank Syariah MandiriCabang Palangka Raya berinisiatif untuk memfasilitasi dana dalam bentuktabungan. Strategi yang digunakan kedua bank ni menjadi alasan utama para nasabah memiliki minat untuk menabung di antara dua bank ini. Adapun penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1. BNI Syariah dan Bank Syariah Mandiri Cabang Palangkaraya paling diminati oleh nasabah Haji, dan 2. Strategi pemasaran produk Haji oleh BNI Syariah dan Bank Syariah Mandiri Cabang Palangka Raya .
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) menggunakan metode penelitian kualitatif.Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah karyawan BNI Syariah Cabang Palangkaraya dan 10 orang nasabah tabungan Haji di BNI Syariah dan Bank Syariah Mandiri cabang Palangka Raya dan 10 nasabah tabungan Haji. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik pengabsahan datanya menggunakan triangulasi teori dan sumber dengan mengumpulkan data dan informasi dari berbagai sumber yang berbeda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi yang dipasarkan oleh BNI Syariah dan Bank Syariah Mandiri mampu menarik minat nasabah penabung haji hingga jumlah nasabah haji dikedua bank ini terus mengalami kenaikkan dan pasang surut yang tidak terlalu ekstreme.Namun, dalam 2 tahun ini startegi pemasaran produk tabungan haji oleh BNI Syariah sedikit lebih ungguldibandingkan dengan Bank Syariah Mandiri Palangka Raya.

ABSTRACK

The increasing number of prospective pilgrims every year, especially in the city of Palangka Raya makes PT. Bank BNI Syariah and PT. Bank Syariah Mandiri Palangka Raya Branch initiative to facilitate funds in the form of savings. The strategy used by the two banks is the main reason that customers have an interest in saving between these two banks. The research aims to find out: 1. BNI Syariah and Bank Syariah Mandiri Palangkaraya Branch are the most desirable by Hajj customers, and 2. Hajj product marketing strategies by BNI Syariah and Bank Syariah Mandiri Palangka Raya Branch.
This research is a field research using qualitative research method. The approach in this research is descriptive qualitative. The subjects of this study were employees of the BNI Syariah Palangkaraya Branch and 10 Hajj savings customers in BNI Syariah and Bank Syariah Mandiri in the Palangka Raya branch and 10 Hajj savings customers.Data collection techniques with observation, interviews, and documentation. The data validation technique uses triangulation of theories and sources by gathering data and information from a variety of different sources.
The results showed that, the strategy marketed by Bank BNI Syariah and Bank Syariah Mandiri was able to attract the interest of hajj savings customers so that the number of hajj customers in both banks continued to increase and the tidal were not too extreme. However, in these 2 years the marketing strategy of the hajj savings product by Bank BNI Syariah is slightly superior compared to Bank Syariah Mandiri Palangka Raya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Srategi Pemasaran; Nasabah Haji; Bank Syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 04 Feb 2020 01:12
Last Modified: 04 Feb 2020 01:12
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1852

Actions (login required)

View Item View Item