Pembentukan sikap tanggung jawab peserta didik di Sekolah Dasar Islam Nurul Ihsan Palangka Raya

Rahmi, Noraida (2019) Pembentukan sikap tanggung jawab peserta didik di Sekolah Dasar Islam Nurul Ihsan Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
hal depan Noraida Rahmi-17016065.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1-5 dan dapus.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembentukan karakter merupakan salah satu cara untuk mencapai tujuan pendidikan nasional yang tertuang dalam Pasal I Undang Undang Sisdiknas tahun 2003. Tujuan ini mengamanatkan kepada pendidik termasuk pendidik PAI untuk mengupayakannya Peserta Didik di sekolah.

Penelitian ini bermaksud mendeskripsikan pembentukan sikap tanggung jawab peserta didik melalui: pengenalan, pemahaman, peneladanan dan pembiasaan. Menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian lapangan. Pembahasannya dilakukan dengan deskriptif analitik. Menggali data melalui: observasi terhadap pembentukan sikap tanggung jawab; wawancara tentang upaya yang dilakukan pendidik PAI dan Budi Pekerti; dan dokumentasi yang dipertajam dengan analisis menggunakan triangulasi sumber. Subjek penelitian 3 orang pendidik, pendidik PAI, pendidik kelas I dan pendidik kelas IV.

Hasil penelitian ini bahwa pembentukan sikap tanggung tanggung jawab peserta didik melalui: 1) pengenalan: dilakukan dengan cara: merealisasikan visi misi dengan bahasa sederhana dan hal sederhana; dan, pemberdayaan artefak sekolah Peserta Didikpembelajaran teori dan praktik kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler; 2) pemahaman: dilakukan dengan cara: integrasi Peserta Didikteori dan praktik pembelajaran PAI kegiatan intrakurikuler, serta penekanan pada afektif dan psikomotorik kegiatan kokurekuler dan ekstrakurikuler; dan, sinergi pelajaran PAI dan pelajaran lainnya yang menekankan pada ranah dan tujuan tertentu; 3) peneladanan: Peserta Didikpemberian contoh langsung terhadap aktivitas keseharian di sekolah seperti melaksanakan tugas, menjaga amanat, mengakui kesalahan/ kelemahan serta mengakui kelebihan orang lain; dan, memberikan reward berupa materi atau imateri untuk memotivasi dan meningkatkan kompetisi peserta didik; 4) pembiasaan: dilakukan Peserta Didikpemberian tugas personal atau kelompok sederhana sampai yang dianggap sulit; dan, pemberian kepercayaan dan melibatkan peserta didik secara langsung, dengan memperhatikan prinsip humanistik.

Penulis merekomendasikan kepada: lembaga pendidikan untuk memasukkan nilai karakter dalam sistem dan program sekolah secara tertulis dan tindak lanjut; dan pendidik mencantumkan secara operasional dalam RPP dan action.

ABSTRACT

Character building is one way to achieve the national education goals set out in Article I of the 2003 National Education System Law. This goal mandates for educators including PAI educators to work on it through PAI and Budi Pekerti learning in schools.

This study discusses describing the formation of students' responsibilities through: encouraging, understanding, modeling and habituation. Using qualitative questions type of field research. The discussion is done with analytic descriptive. Digging data through: observation of forming an attitude of responsibility; interviews about the efforts made by PAI educators and Budi Pekerti; and documentation in question with analysis using source triangulation. The research subjects were 3 educators, PAI educators, class I educators and class IV educators.

The results of this study regarding the formation of students' responsibilities through: 1) introduction: done by: realizing vision and mission with simple language and simple things; and, empowering school artifacts through learning theory and practice of intracuricular, co-curricular and extracurricular activities; 2) understanding: carried out by: integration through the theory and practice of learning PAI intracuricular activities, as well as coordination on affective and psychomotor activities in curricular and extracurricular activities; and, the synergy of PAI lessons and other lessons agreed upon in certain domains and objectives; 3) modeling: by giving direct examples of daily activities at school such as carrying out tasks, carrying out mandates, acknowledging mistakes, and accepting the strengths of others and, giving gifts in the form of materials or materials to motivate and increase student competition; 4) habituation: done through simple personal or group assignments to difficult ones; and, give the trust and participation of students directly, with due regard to humanistic principles.

The author excludes: educational institutions to include character values in written school systems and programs and follow-up; and educators include operational in RPP and action.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI; Peserta Didik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 03 Feb 2020 07:40
Last Modified: 07 Feb 2020 06:48
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1849

Actions (login required)

View Item View Item