Khadirun, Khadirun (2019) Implementasi Pembiasaan Ṣalat Berjama’ah Dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa di MAN-1 Pulang Pisau. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
tesis khadirun 1.pdf Download (2MB) |
Abstract
Implementasi dari beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, maka manusia wajib menjalankan semua perintah-Nya dan meninggalkan larangan-Nya. Salah satu dari perintah Allah SWT yang sangat fundamental adalah perintah mengerjakan ṣalat. Karena ibadah ini merupakan tolak ukur kualitas keimanan dan ketakwaan dalam diri seseorang. Maka dari itu mempelajari ṣalat sejak dini sangatlah penting, untuk dipahami dan diamalkan sebaik mungkin, agar manfaatnya dapat dinikmati dan dirasakan dengan sungguh-sungguh. Mengingat banyaknya manfaat dari ibadah ṣalat berjama’ah maka penelitian ini dilakukan untuk mendiskripsikan bagaimana kemampuan guru MAN-1 Pulang Pisau dalam mendisiplinkan siswanya agar terbiasa dan istiqamah menjalankan ṣalat berjama’ah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang dilakukan di MAN-1 Pulang Pisau, Penggalian data dilapangan menggunakan teknik observasi secara langsung sesuai dengan kebutuhan data yang diperoleh, selanjutnya menggunakan teknik wawancara, baik dengan subjek penelitian sepuluh orang dan informan dengan jumlah empat orang. Adapun dokumentasi merupakan crosscheck data dari wawancara dan observasi yang diteliti. Analisis data yang digunakan adalah dengan memilah atau memilih data yang sesuai dengan rumusan masalah kemudian dianalisis menggunakan teori-teori yang mendukung dan diakhiri dengan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembiasaan ṣalat berjama’ah sudah cukup baik, hal ini terlihat dari penjadwalan ṣalat zuhur dan ṣalat duha telah tersusun baik, keikutsertaan siswa dalam melaksanakan ṣalat berjama’ah dilakukan dengan kedisiplinan baik dan penuh tanggung jawab, pemberian penghargaan berupa pujian lisan bagi siswa yang rajin melaksanakan ṣalat berjama’ah serta pemberian hukuman yang mendidik bagi siswa yang tidak melaksanakan ṣalat berjama’ah, karena program pelaksanaan ini bertujuan untuk menanamkan nilai karakter terhadap siswa terutama nilai kedisiplinan.
English
The Implementation of faith and piety to Allah SWT, then humans are obliged to carry out all commands and abandon prohibitions. One of the most fundamental commands of Allah SWT was the command to perform prayers. This worship was a measure of the quality of faith and piety in a person. Therefore learning to pray early very important, to be understood and practiced as well as possible, so that the benefits can be enjoyed and felt seriously. Considering many benefits of praying in congregation, this research was conducted to describe how the ability in MAN-1 Pulang Pisau teacher to disciplining they students to get accustomed and istiqamah to perform congregational prayers.
This research used qualitative research method, which was conducted in MAN-1 Pulang Pisau, data search used direct observation techniques in accordance with the data requirements obtained, then used interview techniques, both with ten research subjects and four informants. The documentation was crosscheck of data from the interviews and observations studied. Analysis of the data used to sort or select data in accordance with the formulation of the problem and then analyzed used theories that support and conclude with conclusions.
The results of this research indicate that the customary the implementation of habituations in congregational prayers was good enough, this can be seen from the scheduling of zuhur prayers and duha prayers that has been well arranged, student participation in carried out congregational prayers was done with good discipline and full responsibility, giving awards in the form of praise verbally for students who diligently carried out congregational prayers as well as providing educational penalties for students who do not carried out congregational prayers, because this implementation program aims to instill character values towards students, especially the value of discipline.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | usman usman usman |
Date Deposited: | 31 Jan 2020 07:39 |
Last Modified: | 31 Jan 2020 07:39 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1841 |
Actions (login required)
View Item |