Pengaruh viral marketing menggunakan media sosial dan cita rasa produk terhadap tingkat penjualan pada reseller warung dlc anekan cemilan kekinian agen keripik Amuntai

Yanti, Tri Nina (2019) Pengaruh viral marketing menggunakan media sosial dan cita rasa produk terhadap tingkat penjualan pada reseller warung dlc anekan cemilan kekinian agen keripik Amuntai. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Tri Nina Yanti-1504120431.pdf

Download (2MB)

Abstract

Warung dlc aneka cemilan kekinian agen keripik Amuntai merupakan bentuk usaha kecil menengah yang berdiri pada tahun 2017. Warung agen keripik tersebut juga memasarkan produknya menggunakan media sosial seperti instagram dengan nama @agen_keripiksetan_amuntai. Melalui instagram inilah terjadi pemasaran viral yang dilakukan dengan cara open reseller, yaitu mempersilahkan siapa saja yang ingin menjadi reseller/menjual ulang produk tersebut. Hal yang menarik dari warung dlc aneka cemilan kekinian agen keripik Amuntai adalah karena warung atau agen keripik tersebut berada di Amuntai tetapi resellernya tersebar di daerah lain seperti Banjarmasin, Tanjung, Barabai, Palangka Raya, Samarinda dan daerah lainnya. Oleh Karena itu, penelitian ini berupaya untuk mengkaji Pengaruh Viral Marketing Menggunakan Media Sosial dan Cita Rasa Produk Terhadap Tingkat Penjualan Pada Reseller Warung Dlc Aneka Cemilan Kekinian Agen Keripik Amuntai.

Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan jenis ex post facto, populasi dalam penelitian ini adalah reseller warung dlc aneka cemilan kekinian agen keripik Amuntai, sampel penelitian berjumlah 30 orang, teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan uji produk moment, uji regresi linier bergganda, uji simultan dan uji pasial. Analisis penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS 18.0.

Hasil yang didapatkan dari uji F (simultan) antara Viral Marketing dan Cita Rasa Terhadap Tingkat Penjualan sebesar Fhitung 12,832 > Ftabel 3,34, maka sesuai dengan kriteria uji F tersebut H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya memiliki pengaruh positif dan signifikan secara simultan. Hasil dari nilai R Square sebesar 0,487 yang artinya Viral Marketing dan Cita Rasa memiliki pengaruh sebesar 48.7% terhadap Tingkat Pejualan, sedangkan 51.3% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Hasil yang didapatkan dari uji t (parsial) Viral Marketing terhadap Tingkat Penjualan sebesar thitung 4,582 > ttabel 2,052, maka sesuai dengan kriteria uji t tersebut H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial. Hasil dari nilai R Square sebesar 0,429 yang artinya Viral Marketing mempunyai pengaruh sebesar 42.9% terhadap Tingkat Penjualan, sedangkan 57.1% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil yang didapatkan dari uji t (parsial) Cita Rasa terhadap Tingkat Penjualan sebesar thitung 3,596 > ttabel 2,052, maka sesuai dengan kriteria uji t tersebut H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial. Hasil dari nilai R Square sebesar 0,316 yang artinya Cita Rasa mempunyai pengaruh sebesar 31,6% terhadap Tingkat Penjualan, sedangkan 68,4% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.

ABSTRACT
Dlc stalls of various contemporary snacks Amuntai chips agent is a form of small and medium businesses that were founded in 2017. The chips shop agent also markets its products using social media such as Instagram with the name @agen_keripiksetan_amuntai. Through this Instagram viral marketing is done by open reseller, which is inviting anyone who wants to become a reseller / resell the product. The interesting thing about the various DLC stalls of the Amuntai chips is that they are located in Amuntai but the resellers are scattered in other areas such as Banjarmasin, Tanjung, Barabai, Palangka Raya, Samarinda and other areas. Therefore, this study seeks to examine The Influence Of Viral Marketing Using Social Media And Product Taste Towards Sales Level In Dlc Stell Reseller Various Features, Current Trends Amuntai Chip Agents.

This study uses quantitative descriptive with ex post facto type, the population in this study is a reseller of stalls in various contemporary snacks Amuntai chips agent, the research sample numbered 30 people, data collection techniques using questionnaires and documentation, data analysis techniques using product moment test, regression test multiple linear test, simultaneous test and pasial test. The analysis of this study uses the SPSS 18.0 application.

The results obtained from the F test (simultaneous) between Viral Marketing and Taste of the Sales Level of Fcount 12.832 > F table 3.34, then according to the F test criteria H0 is rejected and Ha is accepted. It means to have positive and significant influence simultaneously. The results of the R Square value of 0.487 which means that Viral Marketing and Taste has an effect of 48.7% on the Sales Rate, while the other 51.3% is influenced by other factors.

The results obtained from the t test (partial) Viral Marketing to the Sales Level of tcount 4.582 > t table 2.052, then according to the t test criteria H0 is rejected and Ha is accepted. It means to have a positive and partially significant effect. The results of the R Square value of 0.429 which means that Viral Marketing has an influence of 42.9% on the Sales Level, while the other 57.1% is influenced by other factors. The results obtained from the t test (partial) Taste of the Sales Level of t arithmetic 3.596 > t table 2.052, then according to the t test criteria H0 is rejected and Ha is accepted. It means to have a positive and partially significant effect. The results of the R Square value of 0.316 which means that Taste has an influence of 31.6% on the Sales Level, while the other 68.4% is influenced by other factors.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Penjualan; Marketing
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 29 Jan 2020 04:21
Last Modified: 29 Jan 2020 04:25
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1828

Actions (login required)

View Item View Item