Strategi promosi (promotion mix) Produk Nestle di Kota Palangka Raya

Syarif, Muhammad (2019) Strategi promosi (promotion mix) Produk Nestle di Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Muhammad Syarif-1504120435.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nestle merupakan salah satu perusahaan ternama yang telah mendunia, Nestle telah menciptakan ratusan bahkan ribuan produk terutama dalam jenis makan dan minuman, dalam hal ini strategi khusus menjadi salah satu kunci utama dalam kesuksesan suatu perusahaan, dalam memasarkan produknya perusahaan Nestle menerapkan strategi promosi sebagai strategi utama dalam pemasaran produk.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dan berjenis field research atau penelitian lapangan, yaitu memberikan gambaran yang jelasmengenai bagaimanastrategi promosi produk Nestle di Kota Palangka Raya, hingga mendengar langsung tanggapan masyarakat terhadap kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan Nestle dalam memasarkan produknya,produk sampel yang digunakan peneliti sebagai objek diantaranya, Bear Brand, Milo dan Lactogrow. Kerangka teoritis yang digunakan untuk melakukan analisis yaitu dari teori pemasaran, strategi pemasaran, promosi, bauran promosi (promotion mix), promosi dalam Islamdan Teori Kepuasan Konsumen.

Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa strategi pemasaran yang digunakan dalam kegiatan pemasaran salah satunya yaitu dengan promosi sampling yaitu promosi yang dilakukan dengan membagikan sample gratis kepada konsumen, dengan tujuan konsumen dapat langsung merasakan produk tersebut dan membuktikan manfaat dan rasa produk secara langsung, hal ini tidak hanya dengan pembagian sample mereka juga melakukan promosi berupa pemotongan harga serta pembagian hadiah dalam pembelian dengan syarat tertentu. Tidak hanya dari produk yang sudah terbukti halal, dalam promosi juga mereka sangat terbuka dalam menginformasikan produk sehingga tidak ada unsur ketidakjelasan atau gharar.

ABSTRACT
Nestle is one of the renowned company that has worldwide, Nestle has created hundreds or even thousands of products mainly in the types of food and drink, in this specific strategy to be one of the key factors in the success of a company, in marketing their products company Nestle implement promotional strategies as a key strategy in product marketing.

The method used in this study is a qualitative method using descriptive qualitative approach, and manifold field research or fieldwork, which provide an overview of how the jelasmengenaiNestle product promotion strategy in the city of Palangkaraya, to hear directly the public response to the promotional activities undertaken by Nestle in marketing their products, product samples used as objects including researchers, Bear Brand, Milo and Lactogrow, The theoretical framework used to analyze which of the marketing theory, marketing strategies, promotion, promotion mix (promotion mix), promotion in Islamdan Theory of Customer Satisfaction.

The results from this study is that the marketing strategies used in marketing activities one of which is the promotion of sampling campaign carried out by distributing free samples to consumers, with the aim that consumers can directly feel the product and prove the benefits and taste of the product directly, it not only with the distribution of the sample they also do promotions in the form of a price cut in the purchase and distribution of prizes with certain conditions. Not only from the products that have been proven lawful, in the promotion of their also very open in informing the product so that no element of vagueness or gharar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran; Promosi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 29 Jan 2020 03:23
Last Modified: 29 Jan 2020 03:23
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1827

Actions (login required)

View Item View Item