Pelaksanaan pembelajaran pada sentra bermain peran (role playing) untuk mengembangkan bahasa anak di PAUD Terpadu Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya

Nada, Qatrun (2019) Pelaksanaan pembelajaran pada sentra bermain peran (role playing) untuk mengembangkan bahasa anak di PAUD Terpadu Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Qatrun Nada-1501180007.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan berbahasa pada anak usia dini termasuk salah satu aspek yang perlu dikembangkan sejak usia dini. Berkembangnya kemampuan bahasa pada anak tidak terlepas dari cara atau model yang digunakan sekolah maupun guru dalam proses pembelajaran. Banyak terdapat cara atau model yang dapat digunakan oleh sekolah atau guru dalam mengasah kemampuan bahasa anak diantaranya dengan model sentra yang salah satunya sentra bermain peran. Model sentra bermain peran ini bisa dikatakan efektif untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak karena kegiatan pada sentra bermain peran ini mengharuskan anak mampu memahami bahasa yang disampaikan guru atau teman sebaya dan juga harus mampu berkomunikasi secara verbal maupun non verbal kepada guru maupun teman sebayanya pada saat kegiatan pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sentra bermain peran di PAUD Terpadu Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya, dan berupaya mengembangkan kemampuan bahasa anak, sebagai bahan informasi bagi lembaga/sekolah.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, objek penelitian adalah pelaksanaan yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran pada sentra bermain peran. Sedangkan yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah guru kelompok B2 dan anak-anak kelompok B2 (Amanah) PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya, adapun yang menjadi informan adalah guru pendamping kelompok B2 (Amanah) dan Kepala Sekolah. Adapun Teknik pengumpulan data melalui Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan 3 tahapan yaitu Data Reduction, Data Display, Conclusing Drawing.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Guru melakukan perencanaan pembelajaran, mulai dari membuat Program Semester, pengembangan Rencana Pengembangan pelaksanaan, dan pengembangan Rencana Pelaksanaan Harian. 2) Guru melaksanakan prosedur yang ada pada pembelajaran sentra. 3) Guru melakukan evaluasai setiap pembelajaran sentra. 4) Kemampuan berbahasa anak meningkat melalui pembelajaran sentra dan kosakatanya juga meningkat.

ABSTRACT
This research depart from the problem which during this them the reacher has crossed the ecnter learning model, one of them is the role playing center. The implementation process starts from the development of the semester program, the development of the week activity plan, and the planned daily activities. In the implementation of the center there are also several implementation procedures, namely strating from the arrangement of the playing environment, activities before entering class, opening transition, core activities include playing environment, prior experience of playing, foothold experience during play, and footing after playing, eating together and cover.

This study aims to make learning with a role playing center model run according to the prcedures and stages that have been determined. And the learning process and envirmental management can be done better, so that a learning produces a result that matches what the reacher wants and the child’s development in accordance with the stages.

This study uses a qualitative descriptive method, the object of research is the implementation carried out by the teacher in the learning process at the role playing center. While the subjects in this study were children of group B2 (Amanah) PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya.

The results of the study indicate that, 1) the teacher conducts learning planning, starting from making semester programs, developing weekly activity plans, developing daily activity plans. 2) The teacher carries out the procedure in center learning. 3) The teacher evaluates each lesson. 4) Children’s language skills improve through role playing learning centers and their vocabulary also increases.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Bahasa Anak;Sentra Bemain Peran (Role Playing);Model Pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130107 Te Whariki (Maori Early Childhood Education)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (RA)
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 24 Jan 2020 03:00
Last Modified: 24 Jan 2020 08:53
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1820

Actions (login required)

View Item View Item