Pelaksanaan pendidikan karakter pada anak usia dini di RA Hidayaturrahman Palangka Raya

Anisa, Nur (2019) Pelaksanaan pendidikan karakter pada anak usia dini di RA Hidayaturrahman Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Nur Anisa-1501180002.pdf

Download (14MB)

Abstract

Pelaksanaan Pendidikan karakter sejak usia dini penting dalam membentuk karakter anak dengan memanfaatkan masa emas pertumbuhannya. Oleh karena itu pendidik diharapkan mempunyai kemampuan dalam menanamkan nilai-nilai karakter terhadap anak usia dini. Adapun penerapan dan perencanaan serta pelaksanaan dalam pembiasaan yang dilakukan anak tentunya tidak terlepas dari peran guru dalam mengembangkan perkembangan karakter anak. Salah satunya di sekolah RA Hidayaturrahman dapat tergambar dari kegiatan yang dilaksanakan guru dalam pembelajaran diluar dan didalam kelas. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan metode pendidikan karakter anak usia dini di RA Hidayaturrahman Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, objek penelitian adalah pelaksanaan pendidikan karakter pada anak usia dini. Sedangkan subyek penelitian ini adalah guru kelompok B dan yang menjadi informan guru pendamping dan kepala sekolah.RA Hidayaturrahman Palangka Raya yang menjadi informan adalah kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan pendidikan karakter pada anak usia dini di RA Hidayaturrahman Palangka Raya terlaksana dengan baik adapun nilai karakter yang ditanamkan ada empat yaitu disiplin, tanggung jawab, peduli sosial, dan mandiri. Ketika pelaksanaan pendidikan karakter anak usia dini ada beberapa hambatan diantaranya dari orang tua dan anak. 2)Metode pelaksanaan pendidikan karakter anak usia dini di RA Hidayaturrahman terlaksana dengan baik, terdapat dua metode yang diterapkan yaitu metode pembiasaan dan metode keteladanan. Dalam metode pelaksanaan pendidikan karakter pada anak usia dini sekolah juga berupaya melakukan kerja sama dengan orang tua melalui rapat komite dan komunikasi online.

ABSTRACT
The implementation of character education from an early age is very important in shaping the character of children by utilizing the golden age of growth (golden age). The role of educators is needed in character education. The role of educators is needed in character education. Therefore educators are expected to have the ability to instill character values for early childhood. The implementation of character education in familiarizing children is certainly inseparable from the teacher's role in developing children's own character development. One of them in RA Hidayaturrahman can be drawn from the activities carried out by teachers in learning inside and outside the classroom.

The problems raised in this study are 1) How is the implementation of character education in early childhood at RA Hidayaturrahman? 2) What is the method of character education in early childhood at RA Hidayaturrahman?

This study uses a qualitative approach, the object of research is the implementation of character education in early childhood. While the subject of this study was the teacher of group B RA Hidayaturrahman Palangka Raya who became the informant was the principal.

The results of the study show that 1) The implementation of character education in early childhood at RA Hidayaturrahman Palangka Raya is well implemented while the character values instilled are four, namely discipline, responsibility, social care, and independence. When implementing character education for early childhood there are several obstacles including parents and children. 2) The methods for implementing character education for early childhood at RA Hidayaturrahman are two methods applied, namely habituation methods and exemplary methods. In the method of implementing character education in early childhood school also seeks to collaborate with parents through committee meetings and online communication.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Anak Usia Dini
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (RA)
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 23 Jan 2020 08:34
Last Modified: 23 Jan 2020 08:34
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1819

Actions (login required)

View Item View Item