Rahman, Pahrul (2015) Pengaruh pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi hama dan penyakit tumbuhan terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 3 Selat di Kuala Kapuas. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak PR.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Pendahuluan.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II Landasan Teori.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III Metode Penelitian.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV Laporan.pdf Download (565kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V Penutup.pdf Download (163kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Penilitian ini di latar belakangi oleh nilai hasil belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 3 Selat Kuala Kapuas dalam pembelajaran IPA Terpadu masih rendah. Selama pelaksaan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar tetapi yang paling dominan digunakan adalah metode ceramah, namun juga terkadang menggunakan metode diskusi dengan membentuk kelompok-kelompok diskusi yang mana siswa cenderung lebih banyak menerima informasi dari guru saja sehingga konsep yang diperoleh siswa tersebut tidak tertanam dalam ingatan siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPNSelat 3 Kuala Kapuas.
Jenis penelitian ini termasuk kuasi eksperimen dengan rancangan Non-Equivalent Control Group Pretest-Postest.Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitifsiswa dan lembar observasi. Hasilujicoba THB di MTsN 2 Palangka Raya pada kelas VIII Dmendapatkantingkat reliabilitas soal 0,742kategoritinggi.Subjek penelitianadalah seluruhsiswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kuala Kapuas berjumlah 66 siswa, yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas VIII A sebanyak 32 dan VIII B sebanyak 34.
Hasil penelitianmenunjukan bahwa:(1)Hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran PBL sebanyak 30 siswa yang tuntas, sedangkan dengan menggunakan pembelajaran konvensionalsebanyak 13 siswa yang tuntas dari KKM yang ditentukan yaitu sebesar 65,(2)Siswa yang belajar di kelas eksperimen dengan model pembelajaran PBL memiliki nilai rata-rata 79,63, sementara siswa yang belajar di kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata 62,94. Hasil pengujianhipotesismenunjukkan bahwa terdapatperbedaanyang signifikanhasilbelajarsiswaantara kelaseksperimen dengan kelaskontrol, dan(3)Kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model PBL mengalami peningkatan sebesar 5,94. Untuk hasil kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh persentase rata-rata sebesar 60,78 yang menyatakan siswa cukup kritis. Sedangkan Analisis data kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional mengalami peningkatan sebesar 5,29. Untuk hasil kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh persentase rata-rata sebesar 57,205 yang menyatakan siswa cukup kritis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Problem Based Learning; hasil belajar; berpikir kritis; hama; penyakit tumbuhan. |
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060704 Plant Pathology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 16 Sep 2016 02:47 |
Last Modified: | 16 Sep 2016 02:47 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/180 |
Actions (login required)
View Item |