Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar IPA siswa MIS Muslimat NU Palangka Raya Tahun Ajaran 2014/2015

UNSPECIFIED (2015) Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar IPA siswa MIS Muslimat NU Palangka Raya Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak - N.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (59kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pesawat sederhana adalah setiap alat yang berguna untuk mempermudah pekerjaan manusia. Pesawat sederhana terdiri dari tuas (pengungkit), bidang miring, katrol, roda. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar IPA konsep pesawat sederhana yang dicapai siswa kelas V Muslimat NU, maka peneliti melakukan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga. Alat peraga yang disesuaikan dengan kemampuan siswa maka akan diperoleh gambaran yang lebih jelas dalam proses belajarnya terutama untuk anak-anak yang masih sekolah di tingkat dasar. Hal tersebut karena pada dasarnya anak belajar melalui tahapan yang kongkrit. Upaya untuk meningkatkan hasil belajar yang lebih baik, selain menggunakan alat peraga juga menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan harapan dapat menciptakan kolaborasi yang aktif antar siswa dalam pembelajaran, khususnya pada materi topik Pesawat Sederhana. Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang dapat mengaktifkan dan meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini karena model pembelajaran tersebut mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran dalam kelompok-kelompok kecil, menumbuhkan kemampuan berfikir kritis, memberkan motivasi siswa yang sangat baik melalui penghargaan yang diberikan kepada siswa terbaik dan menumbuh kembangkan keterampilan sosial siswa terhadap keberagaman kelompok sejawat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar IPA Konsep Pesawat Sederhana pada siswa kelas V MIS Muslimat NU Palangka Raya Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan quasi experiment, rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest Eqiuvalent Group Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas V yaitu VA dengan menggunakan media gambar dan kelas VB dengan menggunakan alat peraga. Data dikumpulkan dengan metode tes, dan dokumentasi. Data hasil tes dianalisis dengan uji-t menggunakan SPSS Versi 17.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V pada konsep pesawat sederhana di MIS Muslimat NU Palangka Raya. Hal tersebut berdasarkan α = 0,05 lebih kecil dari nilai Sig. (2-sided) atau [0,05 < 0,101], maka Ha ditolak dan Ho diterima Jadi, tidak terdapat perbedaan hasil belajar materi pesawat sederhana baik menggunakan alat peraga media asli maupun media gambar pada kelas V di MIS Muslimat NU Palangka Raya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Alat Peraga; hasil belajar; pesawat sederhana
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 15 Sep 2016 03:47
Last Modified: 15 Sep 2016 03:47
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/177

Actions (login required)

View Item View Item