Hasibuan, Sri Yuliani (2018) Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan makanan kelas XI SMAN 4 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
abstrak.pdf Download (537kB) |
|
Text
Skripsi Sri Yuliani Hasibuan - 1001140172.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang rendahnya hasil belajar peserta didik dibawah nilai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB) yaitu 70. Hal ini dikarenakan kurangnya partisipasi aktif peserta didik dalam menyerap proses pembelajaran dikelas.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar biologi peserta didik ranah kognitif pada materi sistem pencernaan makanan. 2) mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar biologi peserta didik ranah afektif (Santun, jujur, bekerjasama dan ingin tahu) pada materi sistem pencernaan makanan. 3) mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran PBL pada materi sistem pencernaan makanan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experimental design dan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA-3 sebanyak 36 peserta didik dan kelas XI IPA-2 sebanyak 35 peserta didik. Hasil penelitian ini berdasarkan analisis uji hipotesis dengan taraf signifikasi 0,05. Data hasil uji-t rata-rata pretes kedua kelas diperoleh menunjukan bahwa thitung < ttabel (0,889<2,00). Data hasil Uji Mann-Whitney didapatkan P. Valuenya 0,5849 > 0,05, maka artinya PBL tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar biologi pada materi sistem pencernaan makanan.
Kesimpulan: 1) Tidak terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar biologi peserta didik ranah kognitif pada materi sistem pencernaan makanan. 2) Deskripsi hasil belajar biologi peserta didik ranah afektif (Santun, jujur, bekerja sama dan ingin) pada materi sistem pencernaan makanan. Menunjukkan sikap yang sesaui harapan adalah santun, jujur dan bekerjasama persentasenya lebih tinggi sedangkan sikap ingin tahu tidak sesuai harapan persentasenya lebih rendah. 3) Penelitian di lapangan pelaksanaan proses pembelajaran PBL terhadap hasil belajar biologi peserta didik ranah kognitif masih kurang efektif sehingga kurang maksimalnya penerapan model pembelajaran. Pada proses pembelajaran PBL terhadap hasil belajar biologi peserta didik ranah afektif sikap yang sesaui harapan adalah santun, jujur dan bekerjasama persentasenya lebih tinggi sedangkan sikap ingin tahu tidak sesuai harapan persentasenya lebih rendah.
ABSTRACT
This study about the background of learning outcomes of learners below the value of Minimum Exhaustiveness Criteria (KKM) is 70. This is due to the lack of active participation of learners in absorbing the process of learning in class.
This study aims to: 1) describe the influence of Problem Based Learning (PBL) learning model to the cognitive domain on the material digestive system of food. 2) describe the influence of the biology learning outocomes of the students affective sphere (good manners, honest, cooperate and want to know) on the food digestion system material. 3) describe the implementation of PBL learning process on food digestion system material.
The method used in this research is quasi experimental design method and research design using nonequivalent control group design. Samples used are class XI IPA-3 as many as 36 students and class XI IPA-2 as many as 35 students. The result of this research is based on hypothesis test with significance level 0,05. The result of t-test the pretes average of both classes obtain shows 0,889 < 2,00. Mann-Whitney test result obtained P. Value 0,5849 > 0,05then PBL means there is no significant effect on the result of biology on the material digestion food.
Conclusion: 1) there is no influence of PBL learning model on the biology learners learning in the cognitive domain of food digestion system. 2) description of the result of biology learners affective sphere (good manners, honest, cooperate and want to know) on the material digestive system of food. Demonstrate an attitude of expectation is good manners, honest and cooperate a higher percentage where as curiosity does not match expectations lower percentage. 3) research in the field of PBL learning process implementation of biological learning outcomes of students cognitive sphere is still less affective so less maximal application of learning models. In the process of learning PBL on the biology outcomes of learners affective aspect of attitude that hope is good manners, honest and cooperate percentage is higher while the curiosity does not match expectation lower percentage.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Pendidikan Biologi |
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 25 Sep 2019 00:32 |
Last Modified: | 25 Sep 2019 00:32 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1704 |
Actions (login required)
View Item |