Pengaruh jenis produk pakaian dan penetapan harga terhadap permintaan produk konsumen pada toko yulia di kota Palangka Raya Kalimantan Tengah

Maryam, Siti (2018) Pengaruh jenis produk pakaian dan penetapan harga terhadap permintaan produk konsumen pada toko yulia di kota Palangka Raya Kalimantan Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Siti Maryam - 1402120342.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu produk yang perkembangannya sangat cepat pada zaman seperti sekarang ini yaitu berhubungan dengan pakaian. Pakaian adalah kebutuhan pokok manusia selain makanan dan tempat tinggal (rumah). Manusia membutuhkan pakaian untuk melindungi dan menutup dirinya. Namun seiring dengan perkembangan kehidupan manusia, pakaian juga digunakan sebagai simbol status, jabatan, ataupun kedudukan seseorang yang memakainya. Untuk itu penelitian ini akan difokuskan pada pengaruh jenis produk pakaian dan penetapan harga terhadap permintaan produk pada Toko Yulia di Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis produk pakaian dan penetapan harga terhadap permintaan produk dengan teknik analisis berganda, uji t dan uji F dengan menggunakan program SPSS 18.0.

Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan atau bisa disebut dengan field research. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli di Toko Yulia dalam 1 tahun yaitu berjumlah 28.800. Sedangkan sampel penelitian berjumlah 400 responden konsumen yang membeli di Toko Yulia, dan dari jumlah responden tersebut diberikan angket untuk dijawab. Metode pengumpulan data penulis menggunakan angket.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai F (serentak) sebesar 241,559. Apabila menggunakan F tabel sebesar 0,0983 maka artinya ada pengaruh secara signifikan antara jenis produk pakaian dan penetapan harga secara simultan terhadap permintaan produk. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa nilai R Square sebesar 0,549 yang dapat diartikan bahwa variabel jenis produk pakaian dan penetapan harga mempunyai pengaruh sebesar 54,9 % terhadap variabel permintaan produk, sedangkan 45,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor di luar dari variabel jenis produk pakaian dan penetapan harga.

ABSTRACT

One of the products that is developing rapidly in this era is clothing. Clothing is primary goods for human besides food and house. A human needs clothes to cover and protect himself or herself. However, along with the developing of the era, clothes are also used as a symbol of social status, or the position of a man who wears it. Therefore, this research focuses on the influence of clothing product types and price determining toward product demand in Yulia Store at Palangka Raya. The research goals are to know the influence of clothing product types and price determining toward product demand with correlation technique analysis, multiple regression, t test an F test, by using SPSS 18.0 program.

The research is quantitative research which had done in the field directly or usually call it as field research. The population of the research are all the consumers at Yulia Store in a year, that is 28.000. While the research samples are 400 consumer respondents who buy a goods at Yulia Store where from its respondents will be given a questionnaire to be answered.

The result of the research shows that F value (simultaneously) is 241,559. If the researcher uses F table at 0,0983, then it means that there is a significant influence between clothing product types and price determining toward product demands simultaneously. This research also shows that R square at 0,549 can be interpreted that clothing product types variable and price determining have an influence at 54,9% toward product demand variable, whereas 45,1% others are influenced by external factors except clothing product types variable and price determining variable.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penetapan Harga; Permintaan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 23 Sep 2019 02:02
Last Modified: 23 Sep 2019 02:02
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1697

Actions (login required)

View Item View Item