Penerapan model pembelajaran learning cycle 7e menggunakan strategi pembelajaran snowball throwing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada materi getaran harmonis

Sari, Nyaita (2018) Penerapan model pembelajaran learning cycle 7e menggunakan strategi pembelajaran snowball throwing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada materi getaran harmonis. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Nyaita Sari - 1301130317.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran learning cycle 7E menggunakan strategi pembelajaran snowball throwing (1) terdapat tidaknya perbedaan yang signifikan keterampilan proses sains siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran learning cycle 7E menggunakan strategi pembelajaran snowball throwing, (2) terdapat tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran learning cycle 7E menggunakan strategi pembelajaran snowball throwing, (3) terdapat atau tidak terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model learning cycle 7E menggunakan strategi pembelajaran snowball throwing, (4) pengelolaan pembelajaran fisika menggunakan model learning cycle 7E menggunakan strategi pembelajaran snowball throwing.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan jenis penelitiannya menggunakan pre-experimental design dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel yang dipilih yaitu kelas X MIA 5 MAN Kota Palangka Raya. Penelitian ini dilakasanakan pada bulan Februari sampai dengan bulan April 2018. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains, tes hasil belajar kognitif, lembar pengamatan lembar pengamatan afektif, hasil belajar psikomotorik, dan lembar pengelolaan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan proses sains sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran learning cycle 7E menggunakan strategi pembelajaran snowball throwing (2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran learning cycle 7E menggunakan strategi pembelajaran snowball throwing (3) tidak terdapat hubungan yang signifikan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar kognitif sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran learning cycle 7E menggunakan strategi pembelajaran snowball throwing (4) pengelolaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E menggunakan strategi pembelajaran snowball throwing pada materi getaran harmonis mendapatkan nilai rata-rata sebesar 2,98 berkategori cukup baik.

ABSTRACT

This study was aimed to investigate the implementation of cycle 7E learning model using snowball throwing learning strategy toward the following research questions as follow.(1) Is there any significant difference before and after implementing learning cycle 7E using snowball throwing learning strategy toward Science Process Skill (SPS); (2) Is there any significant difference before and after implementing learning cycle 7E using snowball throwing learning strategy toward students’ learning outcomes; (3) Is there any significant correlation between Science Process Skill (SPS) toward students’ learning outcomes before and after implementing learning cycle 7E using snowball throwing learning strategy; (4) the management of learning physics applying cycle 7E learning model using snowball throwing learning strategy.
Experimental study and pre-experimental design were applied in this study. The samples were taken based on purposive sampling, namely X MIA 5 MAN Kota Palangka Raya. the study was conducted from February until April 2018. Instruments used in this study were the test of science process skill (SPS) and cognitive learning outcomes, sheet of affective and psychomotor observation, and the sheet of learning management.
The result findings revealed that: (1) there was significant difference before and after implementing learning cycle 7E using snowball throwing learning strategy toward Science Process Skill (SPS); (2) there was significant difference before and after implementing learning cycle 7E using snowball throwing learning strategy toward cognitive learning outcomes; (3) there was no correlation between Science Process Skill (SPS) toward students’ learning outcomes before and after implementing learning cycle 7E using snowball throwing learning strategy; (4) the learning management applying cycle 7E learning model using snowball throwing learning strategy of harmonic motion material reached the mean score at 2. 98 as a fair category.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Fisika
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 13 Jun 2019 02:44
Last Modified: 13 Jun 2019 02:44
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1596

Actions (login required)

View Item View Item