Penerapan strategi pembelajaran time token dengan metode eksperimen terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok gelombang bunyi

Sriwaty, Norjulia (2018) Penerapan strategi pembelajaran time token dengan metode eksperimen terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok gelombang bunyi. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Norjulia Sriwaty - 1301130308.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aktivitas siswa menggunakan strategi pembelajaran timetoken dengan metode eksperimen pada materi pokok gelombang bunyi, (2) ada atau tidak perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan penerapan strategi pembelajaran time token dengan metode eksperimen pada materi pokok gelombang bunyi, (3) ada atau tidak hubungan yang signifikan antara aktivitas dan hasil belajar siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran time token dengan metode eksperimen pada materi pokok gelombang bunyi.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan jenis penilitiannya menggunakan pre-eksperimental design dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel yang dipilih yaitu kelas VIII Siti Khadijah MTs Hidayatul Insan Palangka Raya. Penelitian ini dilakasanakan pada bulan Maret sampai dengan bulan April 2018. Instrumen yang digunakan adalah, lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) aktivitas siswa dengan nilai rata–rata setiap pertemuan yaitu pada pertemuan pertama sebesar 66,46 kategori cukup baik, pertemuan ke dua dengan nilai rata–rata 80,68 kategori baik dan pertemuan ke tiga dengan nilai rata–rata 84,80 kategori baik (2) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesudah menggunakan strategi pembelajaran time token dengan metode eksperimen dengan taraf signifikansi < 0,05 dengan nilai signifikansi 0,000 dengan skor rata-rata pretest hasil belajar kognitif adalah 33,84, skor rata-rata posttest hasil belajar kognitif adalah 74,30 dan skor rata-rata N-Gain sebesar 0,60 dengan kategori sedang (3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas terhadap hasil belajar kognitif pada taraf signifikansi 5% terlihat pada posttest diperoleh signifikansi 0,307dengan koefisien korelasi 0,272dengan kategori rendah.

ABSTRACT

This study was aimed to find out: (1) students' activity using learning strategy time token through experimental method at main topic sound wave, (2) whether there was significant difference of students' learning outcomes before and after applying learning strategy time token through experimental method at main topic sound wave, (3) whether there was significant relationship between students' activity and learning outcomes after implementing learning strategy time token through experimental method at main topic sound wave.
This study was designed in experimental method, the type of study was belonged to pre-experimental design. The sample was from the eighth grade of Siti Khadijah MTs Hidayatul Insan, Palangka Raya, based on purposive sampling technique. The study was conducted in March until April 2018. The instruments used in this study were observation students' activity and test of students' cognitive learning outcomes.
The result findings revealed that: (1) average score of students' activity at the first meeting was 66.46 categorized as fair enough, at the second meeting was 80. 68 categorized as good, and at the third meeting was 84.80 categorized as good, (2) there was significant difference of students' cognitive learning outcomes after implementing learning strategy time token through experimental method at level of significant < 0.05 with score 0.000 and average score of pretest was 33.84 and of posttest was 74.30, and average score of N-Gain was 0.60 categorized as fair, (3) there was no significant relationship between students' activity toward cognitive learning outcomes at the level of significant 5% that could be seen from the result of post test which reached 0.307 with correlation coefficient 0,272 categorized as low.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Fisika
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 29 May 2019 01:50
Last Modified: 29 May 2019 01:50
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1580

Actions (login required)

View Item View Item