Penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode eksperimen dan metode talking stick terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi tekanan

Hidayati, Nor (2017) Penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode eksperimen dan metode talking stick terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi tekanan. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Nor Hidayati - 1201130277.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) terdapat tidaknya perbedaan motivasi belajar siswa yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran kooperatif dengan metode eksperimen dan metode Talking Stick, (2) terdapat tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran kooperatif dengan metode eksperimen dan metode metode Talking Stick, dan (3) terdapat atau tidak terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan pembelajaran kooperatif dengan metode eksperimen dan metode metode Talking Stick, (4) aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran fisika pokok bahasan Tekanan saat menggunakan pembelajaran kooperatif dengan metode eksperimen dan metode Talking Stick.
Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental dengan model One Group Pretest-Posttest design dengan pengambilan sampel menggunakan accidental sampling berdasarkan pertimbangan dari Guru yang bersangkutan, sampel yang dipilih yaitu kelas VIII-1. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Nurul Ihsan Palangka Raya pada bulan September sampai November 2017. Instrumen yang digunakan adalah Kuisioner motivasi belajar, tes kemampuan berpikir kritis dan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran kooperatif dengan metode eksperimen dan metode Talking Stick pada materi Tekanan (2) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran kooperatif dengan metode eksperimen dan metode Talking Stick pada materi Tekanan (3) tidak terdapat hubungan yang signifikan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis antara sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran kooperatif dengan metode eksperimen dan metode Talking Stick pada materi Tekanan (4) Aktivitas guru pada pembelajaran fisika secara keseluruhan saat menggunakan pembelajaran kooperatif dengan metode eksperimen dan metode Talking Stick termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase nilai rata-rata sebesar 89,58 % dan aktivitas siswa pada pembelajaran fisika secara keseluruhan menggunakan pembelajaran kooperatif dengan metode eksperimen dan metode Talking Stick termasuk dalam kategori cukup baik dengan persentase nilai rata-rata sebesar 78,44%.

ABSTRACT

This study was aimed to know: (1) whether there is or no significant difference of the students' learning motivation between before and after using cooperative learning with experimental method and Talking Stick method, (2) whether there is or no significant difference in improvement of students' critical thinking ability between before and after using cooperative learning with experimental method and Talking Stick method, and (3) whether there is or no significant correlation between students' learning motivation and students' critical thinking ability after using cooperative learning with experimental method and Talking Stick method, (4) the Activity of teachers and students in physics learning learning in Pressure material while using cooperative learning with experimental method and Talking Stick method.
This study used Pre-Experimental method with One Group Pretest-Posttest design model with using accidental sampling based on consideration of the teacher concerned, the selected sample was class VIII-1. This research was conducted in Islamic Junior High School Nurul Ihsan Palangka Raya on September antil November 2017. The instruments used were motivational learning questionnaire, critical thinking skill test and observation sheet of teacher and students activity.
The result findings showed: (1) there was a significant difference of student's learning motivation before and after using cooperative learning with experimental method and Talking Stick method in Pressure material (2) there was a significant difference of students' critical thinking ability before and after using cooperative learning with experimental method and Talking Stick method in Pressure material (3) there was not significant correlation of learning motivation to critical thinking ability before and after using cooperative learning with experiment method and Talking Stick method in Pressure material (4) Teacher's activity on overall physics learning when using cooperative learning with experimental method and Talking Stick method included in very good category with percentage of average value equal to 89,58% and students' activity on overall physics learning using cooperative learning with experimental method and Talking Stick method included in category good enough with percentage of mean

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif; Metode Talking Stick
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 27 May 2019 00:19
Last Modified: 27 May 2019 00:19
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1578

Actions (login required)

View Item View Item