Pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving pada materi zakat fitrah dan zakat mal terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII C dan VIII D tahun ajaran 2016/2017 di MTSN-2 Palangka Raya

Nugraha, Muhammad Hardy Jaya (2018) Pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving pada materi zakat fitrah dan zakat mal terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII C dan VIII D tahun ajaran 2016/2017 di MTSN-2 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (599kB)
[img] Text
Skripsi Muhammad Hardy Jaya Nugraha - 1101111574.pdf

Download (785kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur hubungan antar variabel hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran problem solving (X1) dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional (X2) pada materi zakat fitrah dan zakat mal di kelas VIII MTsN-2 Palangka Raya. Pokok masalahnya adalah untuk melihat bagaimana hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran problem solving pada mata materi zakat fitrah dan zakat mal terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII C MTsN-2 Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian yang menggunakan metode quasi eksperimen. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen yang diberik perlakuan dengan model pembelajaran problem solving dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan model konvensional. Data tersebut didukung dengan pengamatan dengan menggunakan tes hasil belajar dan teknik analisis annova satu arah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, yaitu: (1) Hasil belajar siswa pada materi zakat fitrah dan zakat mal melalui model pembelajaran problem solving pada kelas eksperimen menunjukkan rata-rata nilai postes sebesar 81.89 dan rata-rata nilai pre test sebesar 36.45 dengan selisih antara nilai pretes dan postes sebesar 45.44 (50%), dengan kriteria sedang. (2) Hasil belajar siswa pada materi zakat fitrah dan zakat mal melalui model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol dengan rata-rata nilai postes 78.02 dan rata-rata nilai pretest 67.76 dengan kategori sedang, dan (3) Terdapat pengaruh hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran problem solving dengan siswa dengan model pembelajaran konvensional berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan model pembelajaran problem solving dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen pada materi zakat fitrah dan zakat mal di kelas VIII C dan VIII D di MTsN-2 Palangka Raya.

ABSTRACT

The purpose of this study was to measure the variables and the relationship between student learning outcomes both classes which apply problem solving model (x1) and with classes which apply on the conventional learning model (x2) on the material of zakat fitrah and zakat mal in class VIII MTsN-2 Palangka Raya. The main problem is to see how the student learning outcomes in the experimental class that apply problem solving learning model on the material of zakat fitrah and zakat mal in class VIII C MTsN-2 Palangka Raya.
This research uses quantitative method research type which used quasi experiment method. The subjects of the research were class VIII C students as experimental class which was given treatment with problem solving and class VIII D as control class wich was given treatment with conventional model. The data was supported by observation using the learning result test and one way annova analysis technique.
The results showed that, that is: (1) The result of student learning on the material of zakat fitrah and zakat mal through the problem solving model in the experimental class shows the average postes value of 81.89. Previously the average value of pretest value in the experimental class is 36.45 with the difference between pretest and postes value of 45.44 (50%), with medium criterion. (2) Students' learning outcomes in the material of zakat fitrah and zakat mal through conventional learning model in control class with average postes value 78.02 and average pretest value 67.76 with medium category, and (3) There was influence of learning result between student study with problem solving learning model and students with conventional learning model based on the result of hypothesis test showed the problem solving model could positively affect student's learning outcomes in the experimental class on material of zakat fitrah and zakat mal in class VIII C and VIII D in MTsN-2 Palangka Raya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 17 May 2019 01:06
Last Modified: 17 May 2019 01:06
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1548

Actions (login required)

View Item View Item