Karakteristik guru profesional berdasarkan persepsi siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Timur

Turrahmania, Makbullah (2018) Karakteristik guru profesional berdasarkan persepsi siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Timur. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Makbullah Turrahmania - 14001111825.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari keingintahuan peneliti terhadap karakteristik guru profesional berdasarkan persepsi siswa, karena banyaknya yang menjalani profesi sebagai seorang guru, tetapi tidak banyak guru yang memenuhi kmpetensi profesional guru agar dapat dikatakan sebagai guru profesional.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik guru profesional berdasarkan persepsi siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Timur.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan campuran. Penggalian data dilakukan dengan cara wawancara terhadap 7 orang siswa dan penyebaran angket terhadap 38 siswa atau 15% dari 255 siswa seluruhnya. Analisis data dilakukan dengan cara menyederhanakan data yang terkumpul, dari penyederhanaan data itu dilakukan analisis kemudian ditarik kesimpulan. Pengabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian, karakteristik guru profesional berdasarkan persepsi siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Timur adalah: Guru yang memiliki kepribadian yang baik, memahami siswanya dan memotivasi. Guru mampu memberikan contoh yang sesuai dengan kehidupan sehari hari. Guru yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk mempersiapkan diri sebelum memulai pelajaran baru, guru yang mampu menyesuaikan metode yang digunakan dengan materi yang disampaikan. Guru yang mampu menciptakan suasana kelas nyaman, mengajar diselingi dengan humor, menyatu dengan siswa bisa memposisikan diri sebagai teman bagi siswa siswa merasa nyaman saat bertanya materi yang belum dipahami, menjelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami dan tidak disertai amarah dan menjelaskan materi dengan berurutan atau sistematis. Guru yang tidak membeda-bedakan setiap siswanya. Guru yang mengoreksi setiap tugas yang diberikandan memberikan nilai yang sesuai dengan kemampuan siswa. Berdasarkan hasil analisis, dapat diketahui bahwa karakteristik kompetensi profesional guru berdasarkan persepsi siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Kotawaringin Timur adalah sangat baik yang didapat dari hasil skor rata-rata angket 237,8.

ABSTRACT

This study is based on the curiosity of researcher to favorite teacher characteristics based on the perception of students, because there are many who go through the profession as a teacher, but not many teachers fulfill the teacher's professional competence so that they can be regarded as professional teachers.
The purpose of this study to determine the characteristics of a favorite teacher based on the perception of class XI at State Islamic Senior High School East Kotawaringin.
The method used in this study is a mixed approach. Data mining has done by interviews with 7 students and given questionnaires to 38 students or 15% of the 255 students altogether. Data analysis was done by simplifying the data collected, simplifying the data was analyzed and then be deduced. Data validation is done by performing triangulation techniques.
Based on this research, the characteristics of a favorite teacher is based on the perception of class XI at State Islamic Senior High School East Kotawaringin are: Teachers who have good personalities, understand their students and motivate. The teacher is able to provide examples that are suitable for everyday life. Teachers provide opportunities for students to prepare themselves before starting new lessons, teachers who are able to adapt the methods used with the material presented. Teachers who are able to create a comfortable classroom atmosphere, teaching interspersed with humor, combine with students can position themselves as friends for students students feel comfortable when asking material that is not understood, explain in a language that is easy to understand and not accompanied by anger and explain the material sequentially or systematically . Teachers who do not discriminate between each student. The teacher who corrects each assignment given and gives a value that is in accordance with the students' abilities. Based on the results of the analysis, it can be seen that the characteristics of teacher professional competencies based on the perceptions of class XI students at Kotawaringin Timur State Islamic Senior High School are very good obtained from the results of an average score of 237.8 questionnaires.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Guru Profesional
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 14 May 2019 23:46
Last Modified: 14 May 2019 23:46
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1528

Actions (login required)

View Item View Item